Datangkan Tutor dari Malaysia,  Unhi Gelar Workshop Jurnal Internasional
8 Maret

Datangkan Tutor dari Malaysia, Unhi Gelar Workshop Jurnal Internasional

UNIVERSITAS Hindu Indonesia (Unhi) Denpasar menggelar Workshop Jurnal Internasional “International Journal Management”, selama dua hari yakni 8-9 Maret 2018 di ruang rektorat lantai II. Workshop digelar dalam rangka meningkatkan kualitas dan profesional kerja para akademisi di perguruan tinggi di Bali, sekaligus mengamalkan bagian Tri Dharma Perguruan Tinggi. Mengarah pada hal tersebut, para dosen yang saat ini berpangkat Lektor Kepala yang hendak naik Guru Besar, wajib melakukan penelitian sekaligus mempublikasi hasilnya pada jurnal internasional bereputasi. Demikian disampaikan Rektor Unhi Prof. Dr. drh. I Made Damriyasa, M.S., Kamis (8/3).

Prof. Damriyasa juga menyebut publikasi jurnal internasional tak sekadar syarat naik jabatan fungsional seorang dosen, akan tetapi tujuan pentingnya berkontribusi bagi kemajuan teknologi maupun sains di internasional. Sebagai contoh, Unhi sebagai lembaga perguruan tinggi berbasis Hindu yang tak hanya dikenal di Bali maupun Nasional, dapat mengenalkan nilai-nilai agama dan budaya Hindu di kancah dunia. “Ini yang akan kita lakukan, lebih banyak berorientasi pada publikasi Internasional, supaya dunia Internasional tahu nilai-nilai apa saja yang terkandung dalam Hindu,” papar Prof. Damriyasa.

Untuk menggugah semangat civitas akademik di Unhi maupun perguruan tinggi lainnya, pihaknya menilai perlu diadakannya kegiatan semacam pelatihan atau sharing tentang publikasi jurnal secara berkelanjutan. Oleh karena itu, sharing kemarin dapat dijadikan indikator bagi para dosen dalam menghasilkan karya-karya.  “Walaupun selama ini banyak yang sudah ditulis dalam bentuk buku, tetapi yang paling penting, bagaimana dunia Internasional ini mengetahui apa yang menjadi hasil karya Universitas Hindu Indonesia,” jelas Prof. Damriyasa.

Senada dengan Rektor Unhi, ketua panitia Dr. I Wayan Winaja, M.Si menjelaskan, workshop yang digelar selama dua hari itu dilaksanakan sebagai refleksi menyikapi tuntutan aturan Dikti terkait syarat kenaikan jabatan fungsional para dosen. Kegiatan itu juga bertujuan memberi pemahaman tentang menulis karya ilmiah yang dapat diterbitkan pada jurnal Internasional.

Workshop diikuti 29 peserta yang berasal dari internal Unhi maupun perguruan tinggi lain di Denpasar. Acara itu berlangsung selama dua hari, dan diawali pemberian materi sekaligus berbagi pengalaman antara narasumber dengan peserta. Kemudian dilanjutkan pada hari kedua dengan sesi klinik jurnal. Pada sesi kedua itu, para peserta diberikan kesempatan berkonsultasi sekaligus menyampaikan gagasan penelitian peserta kepada narasumber.

Acara tersebut menghadirkan narasumber yang sudah berpengalaman dalam hal publikasi jurnal Internasional. Tak tanggung-tanggung, dihadirkan para tutor kelas internasional yakni Dr. Hezri Adnan dari Malaysia dan Dr. Diki Sofyan dari Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, serta Rektor Unhi Denpasar Prof. Dr. drh. I Made Damriyasa, MS turut menjadi pembicara pembuka. Pada tanggal 9 Maret, akan hadir Prof. Dr. Hekti Maunati (LIPI Indonesia) dan Prof. Dr. phil I Ketut Ardhana M.A (Yayasan Pendidikan Widya Kerthi). Tim

 

IMG_0038 IMG_0049 IMG_0050 IMG_0059 IMG_0062 IMG_0065 IMG_0003 IMG_0005 IMG_0008 IMG_0009 IMG_0010 IMG_0018 IMG_0022 IMG_0030