GEDUNG FAKULTAS EKONOMI

Profil Fakultas Ekonomi

Fakultas Ekonomi Universitas Hindu Indonesia (FE-UNHI) sebagai salah satu fakultas ekonomi berbasis Agama Hindu berupaya untuk menjawab tantangan tersebut. Selain berfungsi sebagai pusat pengkajian dan pengembangan ilmu ekonomi berbasis Agama Hindu, FE Unhi layaknya fakultas ekonomi di perguruan tinggi lain, juga menyelenggarakan pendidikan tinggi berkualitas berdasarkan tridharma perguruan tinggi. Melalui penyelenggaraan pendidikan tinggi berkualitas dengan mengacu pada standar akreditasi nasional, FE Unhi berupaya memperbaiki diri dalam menciptakan sumber daya manusia berkualitas berbasiskan Agama Hindu.

Visi:

FE Unhi mempunyai visi Menjadi Fakultas Ekonomi Unggulan dan Pusat Pengkajian Ilmu Ekonomi Berdasarkan Nilai-nilai Agama Hindu. Selain itu FE-Unhi berkomitmen meningkatkan mutu sumber daya manusia sehingga dapat memenuhi tuntutan dunia kerja, serta memiliki kemampuan mengelola dan mengembangkan sistem untuk bisnis dengan menjujung tinggi etika profesi.

Misi:

Misi FE-Unhi meliputi:

1. Menciptakan sumber daya manusia profesional dengan kompetensi tinggi.

2. Meningkatkan kualitas pendidikan melalui pembelajaran dan penelitian.

3. Mewujudkan pengelolaan organisasi secara transparan dengan akuntabilitas tinggi mengacu pada standar yang berlaku.

Sejak awal berdirinya FE-Unhi tahun 1993 FE-Unhi memiliki dua program studi yaitu Prodi Manajemen dan Prodi Akuntansi dengan SK Menteri P dan K No.75/D/O/1993, dengan Prodi Akuntansi dan Manajemen ” TERAKREDITASI B “.  Selain memiliki kelas Regular, Fakultas Ekonomi juga telah membuka kelas Eksekutif dengan perkuliahan yang dilakukan pada hari Sabtu dan Minggu.

A. Prodi Manajemen

Visi Program studi Manajemen adalah Menjadi Program Studi Unggulan serta Sumber Tenaga Profesional Bagi Masyarakat Indonesia Berdasarkan Nilai-nilai Agama Hindu.

Misi Prodi Manajemen meliputi:

  1. Optimalisasi tri dharma perguruan tinggi dalam bidang ilmu manajemen berbasis nilai-nilai Agama Hindu.
  2. Melayani masyarakat melalui pengembangan, penyebaran dan aplikasi ilmu pengetahuan dan keterampilan manajemen.
  3. Mengembangkan lingkungan belajar mengajar yang demokratis, pengelolaan organisasi yang transparan dan akuntabilitas
  4. Terlibat aktif dalam meningkatkan ekonomi masyarakat melalui kegiatan penelitian dan pengabdian pada masyarakat.

B. Prodi Akuntansi

Visi Program studi Akuntansi adalah Menjadi Program Studi Unggulan dalam Kualitas dan Terdepan dalam Pengabdian Profesi Berdasarkan Nilai-nilai Agama Hindu.

Misi Prodi Akuntansi meliputi:

  1. Optimalisasi Tri Dharma Perguruan Tinggi dalam bidang ilmu akuntansi berbasis nilai-nilai Agama Hindu.
  2. Meningkatkan pengembangan ilmu akuntansi yang bermanfaat bagi kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi.
  3. Terlibat aktif dalam meningkatkan ekonomi masyarakat melalui kegiatan penelitian dan pengabdian pada masyarakat.

Pola pendidikan di FE-Unhi baik untuk Prodi Manajemen dan Prodi Akuntansi dirancang dengan masa perkuliahan 6 semester dengan jumlah 51 mata kuliah yang terdiri atas total sks masing-masing prodi minimal 144 sks atau paling tinggi 160 sks (SK Mendiknas No.232/U/2000).

Sarana dan Prasarana Fakultas Ekonomi:

Fakultas Ekonomi UNHI berlokasi di Jl. Sangalangit, desa Tembau Penatih Denpasar Timur. Luas gedung Fakultas Ekonomi 107 m², tersedia 5 (lima) gedung untuk ruang kuliah berkapasitas 50-70 orang yang memiliki dengan fasilitas full AC, LCD Proyektor, suasana kampus yang nyaman, parkir luas, free WIFI, Laboratorium, Perpustakaan dan Ruang Baca, serta Radio Komunitas.

Kualifikasi dan Kompetensi Yang Dihasilkan:

Kualifikasi dan kompetensi mahasiswa yang dihasilkan Fakultas EKonomi UNHI adalah mahasiswa yang memiliki:

  • Sikap mental professional yang berorientasi pada pengembangan konsep pemecahan masalah, rasionalitas ekonomi serta dinamika lingkungan yang terus berubah.
  • Kemampuan mengembangkan kajian-kajian teoritis konsepsional berdasarkan formula-formula baru untuk direplikasikan dalam kasus-kasus praktis operasional yang diduga terjadi dalam dunia nyata.
  • Kemampuan mengelola dan mengembangkan system untuk bisnis dengan menjujung tinggi etika profesi serta kebebasan menyatakan pendapat, agar dapat berkiprah dalam pengembangan dunia bisnis.

Kontak:

Facebook: Fakultas Ekonomi UNHI