GEDUNG FAKULTAS KESEHATAN AYURWEDA

Profil Fakultas Kesehatan

Fakultas Kesehatan membuka kesempatan bagi mereka tamatan SMA/Sederajat yang berminat di bidang pengobatan tradisional untuk dididik menjadi Sarjana Kesehatan Hindu (S.Kes.H). Tamatan Program Studi ini nantinya dapat bekerja pada instansi pemerintah dan sesuai Pasal 4 SK Menkes no.1076/MENKES/SK/VII/2003 dapat pula membuka praktek sendiri pengobatan tradisional.

Visi

Menjadikan Fakultas Kesehatan Unggulan dan pusat pengkajian ilmu kesehatan berdasarkan sastra-sastra Agama dan Budaya

Misi

  1. Menyelenggarakan kemajuan pendidikan kesehatan ayurweda berbasis kompetensi dan Teknologi Informasi Komunikasi (TIK)
  2. Mengembangkan dan menyebarluaskan tenaga profesional kesehatan ayurweda yang mampu berperan aktif serta berintegrasi dengan masyarakat
  3. Mengkaji ilmu kesehatan berdasarkan sastra-sastra agama dan budaya Hindu

Tujuan

Menghasilkan tenaga ahli dalam bidang kesehatan, khususnya tenaga kesehatan ayurweda yang menguasai serta menghayati konsep dan falsafah ayurweda sebagai tenaga perencana, pengembangan dan pengelolaan kegiatan peningkatan derajat kesehatan masyarakat melalui pengetahuan ayurweda

Sasaran dan strategi pencapaian

Berdasarkan tujuan yang ingin dicapai Fakultas Kesehatan, Program Studi Ayurweda, maka sasaran yang ingin dicapai adalah :

  1. Menghasilkan sarjana kesehatan yang memiliki kemampuan menerapkan dan/atau mengembangkan ilmu pengobatan tradisional di dalam kehidupan bermasyarakat.
  2. Menghasilkan sarjana kesehatan yang mampu mengupayakan pengembangan ilmu pengobatan dengan menggunakan bahan ramuan obat-obatan alami untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit yang berkembang dewasa ini.
  3. Menghasilkan sarjana kesehatan yang mampu bekerja pada berbagai bidang kesehatan yang berkembang saat ini.

Untuk meningkatkan relevansi dan kualitas Fakultas Kesehatan, dalam rangka pencapaian visi, misi, sasaran dan tujuan, maka  fakultas kesehatan telah menentukan langkah strategis yang akan dan sedang dilakukan antara lain melalui :

  1. Meningkatkan relevansi pendidikan dengan mengembangkan kurikulum yang disesuaikan dengan kebutuhan stakeholder sehingga diharapkan lulusan Fakultas Kesehatan mampu bersaing di masyarakat, baik dalam lingkup daerah maupun nasional.
  2. Meningkatkan kompetensi lulusan, strategi yang dilakukan adalah meningkatkan kemampuan mengobati secara Ayurweda, bahasa Inggris, dan dalam bidang teknologi informasi atau computer.
  3. Melakukan monitoring dan evaluasi calon mahasiswa berdasarkan kualifikasi input yang akan mempengaruhi proses output.
  4. Meningkatkan efisiensi dan efektifitas proses pembelajaran dengan meningkatkan kualitas kerja dan kinerja serta kemampuan staf akademik dan administrasi, meningkatkan kualitas proses pembelajaran dengan pelatihan pekerti, buku ajar, penambahan pembuatan buku ajar, SAP dan silabus, melakukan monitoring kuliah, beban tugas dan aktivitas bimbingan, melengkapi fasilitas pembelajaran serta melengkapi judul dan jumlah buku di ruang referensi untuk meningkatkan minat baca mahasiswa maupun dosen.
  5. Menciptakan dan meningkatkan sistem manajemen dan administrasi dengan membangun standar informasi serta sistem manajemen yang transparan.
  6. Menciptakan iklim kerja dan suasana akademik yang kondusif dengan meningkatkan kemampuan dosen untuk meneliti melalui pelatihan metodologi penelitian serta, melakukan seminar proposal maupun hasil penelitian secara periodik, memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk ikut dalam penelitian dosen dan melakukan pengabdian kepada masyarakat.
  7. Mengembangkan laboratorium dan Poliklinik sebagai pusat pelaksanaan “Tridarma Perguruan Tinggi” dengan memaksimalkan fungsinya.

Tenaga Pengajar Kesehatan Ayurweda

  1. Dr. Ida Bagus Yudha Triguna, MS
  2. Dr.Dr..Litt.I Gusti Putu Phalgunadi,Ph.D
  3. Dr.Ida Bagus Gunadha,MS
  4. Dr.I Putu Gelgel,SH.MH
  5. Dr.dr.Ida Bagus Narendra, MPH (Ida Pedanda Gede Putra Telabah )
  6. Dr.Ir. Dewa Made Tantera Keramas, M.Sc
  7. dr.N. Tigeh Suryadhi, MPH.PhD
  8. Dr.dr. I Nyoman Adiputra, MOH
  9. I Nyoman Prastika, MSi
  10. I Made Sumarya, MSi
  11. I Gusti Ayu Ari Agung,S.Ag.M.Kes
  12. Ida Bagus Suatama,MSi
  13. Ni Luh Gede Sudaryati, SSi.MSi
  14. Ida Bagus Made Bajera, MSi
  15. Ida Rsi Bujangga Waisnawa Sara Putra Shri Jyoti
  16. I Gusti Putu Tengah, Apt.M.App.Sc
  17. Jro Made Maitriya,SP.D
  18. I Nyoman Artana, PAK
  19. Tjening Kerana,MS.PFK
  20. I Gusti Ketut Tjatur Winten PHK
  21. I Nyoman Anteng Aryana,PFK
  22. Ni Made Indiani, MSi
  23. I Gusti Ayu Nila Wijayanti, SS.M.Hum
  24. I Wayan Suka Yasa
  25. I Putu Suta Sadnyana, SH.M.H
  26. Anak Agung Anom Kumnbara,MA
  27. Ida Ayu Rusmarini,MP
  28. Tjok Gede Dharmayudha
  29. Gede Arsadana
  30. Ida Bagus Putra Suta, S.Ag
  31. I Putu Lakustini Cahyaningrum, S,Si
  32. Ir.A.A.Putu Agung Mediastari,MP
  33. Cokorda Putra,ST
  34. Drs. I Gusti Bagus Wirawan, MSi