GEDUNG FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM

Profil Fakultas MIPA

Fakultas MIPA yang berada dibawah naungan Universitas Hindu Indonesia (UNHI) terdiri atas satu Program Studi yakni Program Studi Biologi. Program Studi Biologi menyelenggarakan jenjang Pendidikan Strata I (S-1) sejak tanggal 19 Mei tahun 1993. Program Studi Biologi didirikan pada tahun 1993 berdasarkan SK Menteri Pendidikan dan Kebudayaan  Republik Indonesia No: 75/D/O/1993 dengan status terdaftar. Ijin penyelenggaraan Program Studi Biologi diperpanjang dengan ijin No : 1773/D/T/K-VIII/2010, dan telah terakreditasi  dengan nilai B dengan Nomor No. 174/SK/BAN-PT/AK-XVI/S/VIII/2013  tanggal 24 Agustus 2013.

Program Studi Biologi mempunyai Visi Menjadi Program Studi Unggulan Berskala Nasional dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi melalui kajian biodiversitas dalam menghasilkan lulusan yang profesional, berwawasan budaya Untuk mencapai visi tersebut, maka dirumuskan Misi Program Studi Biologi yakni: (1) Menyelenggarakan proses pembelajaran berdasarkan standard akreditasi nasional, (2) Mengoptimalkan kearifan lokal dalam mengkaji biodiversitas untuk menunjang pembangunan budaya, (3) Menghasilkan lulusan yang mandiri, profesional dan memiliki etika ilmiah  sehingga mampu bersaing pada tingkat

Proses pendidikan yang dilaksanakan secara berkelanjutan di lingkungan Program Studi Biologi diarahkan untuk mencapai tujuan yaitu ; Meningkatnya mutu pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi (pengajaran, penelitian dan pengabdian pada masyarakat) sesuai dengan standar akreditasi nasional; Terciptanya iklim akademik yang kredibel, akuntabel dan transparan; Menjadi pusat pengkajian biodiversitas dalam menunjang pembangunan budaya, serta Menghasilkan lulusan yang mampu berperan aktif dalam memecahkan masalah-masalah pembangunan yang memerlukan pengetahuan biologi.

Kurikulum Program Studi Biologi telah disempurnakan dengan mengacu pada Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) dan  syarat dipenuhinya kecukupan jumlah SKS, serta isi kurikulum yang mengacu pada kurikulum nasional dan muatan lokal dimana seluruhnya merupakan implementasi dari visi, misi, tujuan dan sasaran yang secara operasional dilakukan dalam rangka menghasilkan kematangan dan profesionalisme lulusan. Selanjutnya berbagai penyempurnaan dalam sistem pengajaran, juga dilakukan terutama perbaikan Satuan Acara Perkuliahan (SAP)  dan Bahan Ajar yang mengadopsi materi-materi pelajaran dari sumber-sumber yang mutakhir.

Di bidang Sarana dan Prasarana, telah dilakukan penyempurnaan dengan melakukan up-grading  sarana yang ada dengan peralatan yang lebih mutakhir, seperti: LCD, Laptop, Laboratorium, dan internet, selain kelengkapan buku perpustakaan, untuk penelusuran bahan ajar.

Pendanaan Program Studi didukung oleh Yayasan Pendidikan Widya Kerthi dan beberapa donatur lain dengan tata cara penganggaran yang bersifat standar .

Tata pamong telah dibakukan melalui Keputusan Rektor dan mengacu pada induk organisasi UNHI. Sedangkan pengelolaan program dilakukan secara terbuka dan demokratis walaupun setiap jabatan sudah diatur dalam job description masing-masing.

Proses pembelajaran dilakukan dengan cara tatap muka, ceramah, diskusi, penugasan, presentasi untuk memberikan suasana akademis yang kondusif yang didukung dengan sarana dan prasarana yang cukup. Dengan fasilitas dan proses pembelajaran seperti ini, diharapkan Sistem Jaminan Mutu lulusan dapat diwujudkan.

Program Studi Biologi, menaruh perhatian khusus terhadap kegiatan penelitian, publikasi, skripsi, dan hasil lainnya dengan memberikan berbagai kemudahan kepada civitas akademika untuk melaksanakan kegiatan tersebut. Fasilitas yang dimanfaatkan, di antaranya fasilitas pengiriman dosen untuk mengikuti seminar ilmiah, memprakarsai kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat. Kerja sama kelembagaan dilakukan dengan berbagai pihak diantaranya Universitas Udayana, Perusahaan Swasta, dan lembaga lainnya yang sejenis.

Visi dan Misi Fakultas MIPA

Visi

Menjadikan Fakultas MIPA UNHI sebagai institusi dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk menghasilkan lulusan yang professional dan berwawasan budaya

Misi

Fakultas MIPA UNHI mengemban misi sebagai berikut:

  • Mengembangkan Tridharma Perguruan Tinggi di bidang ilmu-ilmu dasar berkualitas, unggul serta responsif dan adaptif terhadap kebutuhan pembangunan daerah dan nasional.
  • Menyelenggarakan proses pembelajaran berdasarkan standar akreditasi nasional.
  • Mengoptimalkan kearifan lokal dalam mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk menunjang pembangunan budaya.
  • menghasilkan lulusan yang mandiri, professional, dan memiliki etika ilmiah sehingga mampu bersaing pada tingkat nasional.

Visi dan Misi Program Studi

Visi

Menjadi Program Studi Unggulan Berskala Nasional dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi melalui kajian biodiversitas dalam menghasilkan lulusan yang profesional dan  berwawasan budaya.

Misi

Misi Biologi MIPA-UNHI merupakan refleksi dari hasil kajian tentang tantangan (Threats) dan berbagai peluang (Opportunities) dengan  mengikuti perkembangan yang ada serta mengantisipasi berbagai perubahan  di masa depan, sehingga misi yang disusun untuk mencapai visi adalah :

  1. Menyelenggarakan proses pembelajaran berdasarkan standard akreditasi nasional
  2. Mengoptimalkan kearifan lokal dalam mengkaji biodiversitas untuk menunjang pembangunan budaya.
  3. Menghasilkan lulusan yang mandiri, profesional dan memiliki etika ilmiah sehingga mampu bersaing pada tingkat nasional.

Dosen Pengajar Tetap Fakultas MIPA

  1. Prof. Dr. Dewa Made Tantera Keramas, M.Sc.
  2. Prof. Dr. Ida Bagus Oka, MS.
  3. Dr. Ir. Euis Dewi Yuliana, M.Si.
  4. Drs. I Made Sumarya, M.Si.
  5. Dr. Ir. I Gusti Ayu Ari Agung, S.Ag., M.Kes.
  6. I Putu Sudiartawan, S.Si., M.Si.
  7. Dr. I Nyoman Arsana, S.Si., M.Si.
  8. Dr. I Gede Ketut Adiputra
  9. Ir. A.A. Komang Suardana, M.Si.
  10. Drs. Israil Sitepu, M.Si.
  11. Ni Ketut Ayu Juliasih, S.Si., M.Fis.
  12. Drs. I Wayan Suarda, M.Pd.
  13. Drs. Gede Subawa Mas, M.Hum.
  14. Ni Luh Gede Sudaryati, S.Si., M.Si.
  15. I Wayan Wahyudi, S.Si., M.Si.

Kontak

  • www.facebook.com/fakultasmipa.unhi
  • mipaunhi@yahoo.com