GEDUNG FAKULTAS TEKNIK

Profil Fakultas Teknik

Visi :

Menjadikan Fakultas Teknik unggulan yang mampu menghasilkan lulusan yang religius, profesional, memiliki kompetensi timggi, berwawasan luas dan mandiri dalam menghadapi perkembangan IPTEK melalui TRI DHARMA Perguruan Tinggi dengan berlandaskan Dharma.

Misi :

  • Menciptakan sumber daya manusia profesional yang memiliki kompetensi dibidangnya.
  • Menerapkan pengelolaan organisasi yang transparan dan bertanggungjawab mengacu pada standar akreditas nasional dan good corporate governance.
  • Menerapkan kurikulum berbasis kompetensi sesuai dengan kebutuhan perkembangan IPTEK.

Jumlah Mahasiswa Jurusan Teknik

  • Prodi Teknik Sipil : 208
  • Prodi Perencanaan Wilayah dan Kota : 87

Jumlah Dosen Pengajar Fakultas Teknik

  • Prodi Teknik Sipil : 10
  • Prodi Perencanaan Wilayah dan Kota : 5

Jumlah Jurusan Fakultas Teknik

  • Program Studi Teknik Sipil
  • Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota

 

A. Program Studi Teknik Sipil

Sesuai dengan PIP universitas Hindu Indonesia, Agama dan Kebudayaan mewarnai dan menjadi jati diri Fakultas Teknik Unhi, maka Program Studi Teknik Sipil sangat diharapkan memberikan sumbangan bagi pembangunan Bali pada khususnya dan Indonesia pada umumnya yaitu dengan menyiapkan sumber daya manusia profesional dibidang Teknik Sipil yang mampu menggali dan menjaga potensi ocal (kearifan lokal) yang berwawasan agama dan kebudayaan.

Visi

Menjadi Program Studi Teknik Sipil unggulan yang mampu menghasilkan lulusan yang religious, profesional, memiliki kompetensi tinggi, berwawasan luas dan mandiri dalam menghadapi perkembangan IPTEK melalui Tri Dharma Perguruan Tinggi dengan berlandaskan Dharma.

Misi

  1. Menciptakan sumber daya manusia yang profesional dibidang teknik sipil yang memiliki kompetensi tinggi.
  2. Menerapkan pengelolaan program studi teknik sipil yang transparan dan bertanggung jawab mengacu pada standar akreditasi nasional dan good corporate govemance.
  3. Menerapkan kurikulum dibidang Teknik Sipil berbasis kompetensi sesuai dengan kebutuhan perkembangan IPTEK.

Bidang Keahlian

Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas hindu Indonesia menyelenggarakan bidang keahlian struktur, transportasi, manajemen kontruksi, hidro dan geo teknik. Beban studi adalah 144 sks tersebat dari semester I sampai semester VIII.

Tujuan dan Sasaran

Tujuan: Menghasilkan sarjana teknik yang memiliki pengetahuan, keterampilan, kemampuan memecahkan masalah, kemandirian, kemampuan bersaing dan kepedulian terhadap permasalahan pembangunan dan lingkungannya.

Sasaran: Menghasilkan sarjana teknik yang mampu menerapkan keahlian akademis, profesional dan bertanggung jawab, sehingga handal dalam memanfaatkan pengetahuan dan teknologi pada pembangunan yang berwawasan budaya dan agama.

Prospek Lulusan

  1. Konsultan: Sebagai perencana dan pengawas proyek konstruksi
  2. Kontraktor: Sebagai penyedia jasa dalam melaksanakan proyek konstruksi
  3. Developer: Sebagai penyedia jasa pembangunan perumahan
  4. Akademisi: Sebagai tenaga pengajar/dosen dan peneliti
  5. Birokrasi: Eksekutif dan birokrasi

 

B. Program Studi Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota

  1. Struktur Organisasi Prodi PWK

 

  1. Pengantar Profil Prodi PWK

                Perencanaan wilayah dan kota adalah cara yang sistematis dan kreatif untuk menyelesaikan masalah, mempengaruhi masa depan lingkungan desa, kota, atau wilayah bahkan negara dan dunia sekalipun. Dalam perkembangannya, perencanaan wilayah dan kota telah mengalami evolusi dengan berbagai dinamika persoalannya. Era desentralisasi yang berorientasi pada penyelenggaraan otonomi daerah (terutama daerah Indonesia Timur)  merupakan tuntutan yang harus ditindaklanjuti dengan konsekuensi tersedianya tenaga teknis yang handal dan profesional dalam melakukan perencanaan pembangunan daerah, khususnya dibidang perencanaan wilayah dan kota. Adalah hal yang signifikan untuk mendirikan lembaga pendidikan dalam memperkaya perkembangan ilmu perencaanaan serta meningkatkan peran Universitas Hindu Indonesia (UNHI) dalam menyiapkan SDM yang berkualitas dalam pembangunan.

Lahirnya SK Ijin Penyelenggaraan dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional, Nomor: 2333/D/T/2009, Tanggal 7 Desember 2009, Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota Universitas Hindu Indonesia resmi dibuka pada Tahun Akademik 2010/2011 dan menjadi satu-satunya di Bali serta menjadi pelopor berdirinya Sekolah Perencanaan di Bali yang berfokus pada ‘Perencanaan Wilayah dan Kota Berbasis Budaya Lokal’. Dalam upaya membangun jejaring di level nasional dan peningkatan mutu kualitas akademik, mulai tahun 2013 Prodi PWK UNHI telah menjadi anggota Asosiasi Sekolah Perencanaan Indonesia (ASPI) dan telah terakreditasi BAN PT.

“Teknik Planologi diterjemahkan sebagai Ilmu Perencanaan Wilayah dan Kota, merupakan disiplin ilmu yang menitikberatkan pada perencanaan tata ruang. Ilmu ini sangat dibutuhkan mengingat pada hakekatnya ruang yang ada di bumi ini relatif bersifat statis, disisi yang lain kebutuhan akan ruang aktivitas manusia bersifat dinamis dan cenderung selalu berkembang. Jadi tidak salah jika dikatakan merencana dan menata ruang sama dengan merencana dan menata kehidupan”

  1. Visi dan Misi

Visi:  ‘Menjadikan Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota sebagai lembaga pendidikan unggul berbasis budaya lokal’

Misi:

  • Meningkatkan kualitas manajemen dan akuntabilitas, peningkatan sumber daya manusia, serta sarana prasarana pendidikan;
  • Meningkatkan dan mengembangkan kualitas kurikulum perencanaan wilayah dan kota secara berkelanjutan;
  • Meningkatkan kualitas lulusan sesuai dengan tuntutan kebutuhan pasar dan berdaya saing;
  • Membina kerja sama dan jejaring dalam memperluas hubungan yang mendekatkan lulusan dengan pasar.

Sarana dan Prasarana Fakultas Teknik

  1. Gedung perkuliahan
  2. Ruang Perpustakaan
  3. Ruang Laboratorium Komputer
  4. Laboratorium Bahasa Inggris
  5. Laboratorium Teknik
  6. Studio Gambar