FKES Ayurweda Unhi Datangkan Pakar Homeopati dari California
9 Mei

FKES Ayurweda Unhi Datangkan Pakar Homeopati dari California

Fakultas Kesehatan Universitas Hindu Indonesia menggelar acara akademik dalam bentuk kuliah umum (KU) pada 2 Mei 2018 lalu. Tidak tanggung-tanggung, FKES Unhi khususnya di Prodi Kesehatan Ayurweda menghadirkan pakar Homeopati dari California Dana Ullman, MPH., CCH. Pakar Homeopati ini menyampaikan materi dibantu oleh Tjok Gde Kerthyasa, BHSc. AD(Hom) praktisi homeopati, PT Tirta Usada Holistic Health, Ubud.
Kuliah Umum (KU) diawali sambutan ketua panitia, Ida Bagus Putra Suta, S.Ag.,M.Si yang juga sebagai Ka Prodi Kesehatan Ayurweda. Putra Suta mengatakan bahwa acara ini dilaksanakan dalam rangka ulang tahun Fakultas Kesehatan. Topik yang dibahas yakni “Review Penelitian Homeopati Tingkat tinggi yang mengkonfirmasi efektivitas pengobatan Homeopati”.
Topik ini dipilih mengingat peran Kesehatan Ayurweda dan pengobatan homeopati memiliki kesamaan protokol pengobatan dan tidak menggunakan bahan kimia. Acara ini dihadiri oleh Dr, Abhishek pakar Ayurweda India yang merupakan tenaga pengajar di Fakultas Kesehatan. Selain itu acara ini dihadiri pula oleh mahasiswa, alumni, para dosen internal dan eksternal UNHI l seperti Dr. dr. I Ketut Suparna, SpB.Onk. (spesialis onkologi), Prof. Dr. I Wayan Redi Aryanta. Dikatakan juga KU ini bertujuan untuk merangsang kalangan dosen dan mahasiswa mengadakan penelitian sesuai dengan Tri Dharma Perguruan tinggi.
Kuliah Umum dibuka langsung oleh Dekan Fakultas Kesehatan, dr. I B Wiryanatha,M.Si. Dalam sambutannya Dekan mengatakan bahwa di era globalisasi saat ini masyarakat cenderung memilih pengobatan yang tidak memakai obat-obat dari bahan kimia. Oleh karena itu Fakultas Kesehatan UNHI merasakan acara ini sangat penting mengingat Pelayanan Kesehatan Tradisional Komplementer (Yankestradcom) kini sudah mendapat perhatian pemerintah.
Dekan mengatakan dengan terbitnya PP 103/2014 dan Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) merupakan peluang bagi pelayanan kesehatan tradisional komplementer bersinergi dengan pelayanan kesehatan konvensional di Puskesmas maupun di Rumah Sakit dibawah pembinaan dari Direktorat Bina Pelayanan Kesehatan Tradisional Komplementer Kementrian Kesehatan RI. Adanya perhatian pemerintah ini merupakan daya tarik masyarakat untuk kuliah di Fakultas Kesehatan UNHI karena lulusannya dikemudian hari selain untuk wira usaha juga berpeluang besar direkrut menjadi PNS Kuliah Umum berlangsung meriah, pesertapun sangat antusias berdiskusi sampai akhir acara. Pada acara penutupan dilakukan penyerahan piagam oleh Dekan dan dari pembicara menyerahkan buku, hasil penelitian kepada Dekan Fakultas Kesehatan.