523301_104660176357888_913389476_n

Sejarah UKM Kelompok Diskusi (Kedis) Dipa Bhawana

Pada pembukaan Lembaran Sejarah Unit Kegiatan Mahasiswa ini, perlu kiranya kami sebagai strukutur di Unit Kegiatan Mahasiswa ini menyampaikan puja dan puji syukur kehadapan Ida Sang Hyang Widhi Wasa utamanya Ida sesuwunan yang melingga di UNHI, karena atas asung kertha waranugraha beliaulah buku saku ini menjadi penting untuk diwujudkan guna memenuhi kebutuhan mahasiswa UKM dan mahasiswa calon Anggota UKM. Berikut akan dijelaskan beberapa hal terkait dengan sejarah UKM Diskusi ini.

Unit Kegiatan Mahasiswa Kelompok Diskusi ini pada awalnya adalah berasal dari Ide Cemerlang dari I Kadek Satria pada tahun 2008, dimana pada waktu itu Beliau menjadi Wakil ketua Badan Eksekutif Mahasiswa yang saat itu Badan Eksekutif Mahasiswa diketuai oleh  I ketut Sae Tanju. pada waktu itu beliau melihat bahwa banyak sekali mahasiswa yang memiliki keinginan menjadi seorang pendharmawacana, ini dilihatb daru berbagai kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa pada saat selesai perkuliahan di Pura Maha Widya Mandira UNHI. mereka berdiskusi, bercerita sehingga mampu kemudian berdharmawacana. Selain itu juga adalah bahwa keberadaan mahasiswa sangat kering dari dunia diskusi, sementara banyak sekali persoalan keumatan perlu untuk diketahui.

Berdasarkan dari pemikiran itulah beliau berinisiatif untuk membuat suatu unit kegiatan mahasiswa yang mana kegiatan mahasiswa itu mendiskusikan aspek-aspek agama Hindu. Harapan besar beliau adalah dikemudian hari dari Unit Kegiatan Mahasiswa itulah lahir pemikir-pemikir Hindu yang mampu menjawab berbagai persoalan umat serta mereka sebagai Umat mampu memahami keberadaananya. Setelah itu beliau menyampaikan Ide tersebut kepada Pembantu rektor III yaitu Drs. I Wayan Winaja, M.Si serta mendapatkan respon yang sangat baik. Hasilnya adalah turun sebuah SK bernomor 244/SKP/UNHI/VI/2010 tentang Unit Kegiatan Mahasiswa di lingkungan UNHI.

Berbekal dari SK inilah maka kegiatan diskusi  dilakukan oleh Unit Kegiatan mahasiswa ini berjalan pada setiap Purnama dan Tilem. Begitu sepinya peminat dikalangan mahasiswa Unit Kegiatan mahasiswa ini sempat tidak berjalan selama kurang lebih satu setengah Semester setelah SK itu Turun. namun selanjutnya kembali menggairah karena adanya mahasiswa baru yang sangat banyak dan mencoba untuk mengenali UKM Kelompok Diskusi ini. setelah peminatnya banyak kurang lebih 59 orang lebih maka dibuatkanlah struktur dengan ketuanya I Nyoman Arta Yasa. Dari sinilah mulai menggairah serta terbentuk struktur dengan baik.

Namun, yang namanya kegiatan mahasiswa pasti saja ada kekurangannya yaitu minat mereka belum terlalu serius. Sehingga pada saat akhir 2010 kembali kegiatan Mahasiswa ini terhenti dan tidak melakukan aktifitas lagi. berdasarkan prakarsa dan ide-ide dari Pembina yang pada saat itu sudah dipegang oleh I K. Satria, S.Ag serta beberapa pengurus UKM lainnya sehingga pada awal 2012 mulai bergeliat kembali kegiatan UKM sampai pada sekarang dengan segudang kegiatannya. Salah satu diantaranya kegiatan UKM adalah Seminar Nasional mendatangkan Gubernur Bali, Seminar nasional tentang Wanita Hindu, Kuliah Umum serta yang sampai sekarang berjalan adalah Roadshow Dharmawacana ke SMP/SMA dan Sekaa Teruna seluruh Bali.

Pengertian Nama UKM Diskusi Dipa Bhawana

Munculnya nama Dipa Bhawana adalah berdasarkan FGD (Focus Group Discussion) antara Pembina dengan Pengurus serta Anggota UKM pada saat persiapan penerimaan peserta UKM baru pada pertengahan tahun 2012. Dari Diskusi itulah muncul nama Dipa Bhawana dengan pemaknaan sebagai berikut :

  1. Dipa didalam Bahasa sansekerta memiliki pengertian Sinar, kecemerlangan atau jika di bahasa balikan menjadi suluh.
  2. Bhawana didalam Bahasa Sanskerta memiliki pengertian Alam, Jagat, atau makrokosmos.

Jadi kata Dipa Bhawana memiliki pengertian Sinar alam semesta. Pengertian ini dimaksudkan bahwa peserta atau Unit Kegiatan Mahasiswa ini diharapkan kemudian hari menjadi salah satu sarana untuk menyebarkan Ilmu Pengetahuan keagamaan dikalangan peserta UKM dan juga umat secara umum. Hal ini sangat beralasan karena ditengah arus globalisasi yang sangat deras, pemuda atau mahasiswa dihujani oleh berbagai hal yang berkaitan dengan keduniawian. Pemuda susah mencari pencerahan keagamaannya, sehingga dalam kaitannnya dengan inilah maka pemuda perlu digairahkan keagamaannya dengan cara melakukan Diskusi secara kontinyu, berkesinambungan dan terarah menuju pemahaman yang baik kepada mahasiswa. Pemahaman ini sangat strategis guna memantapkan pemahaman dalam menghindari kesalahpahaman antar generasi muda seputar agama.

Pengertian Logo UKM Diskusi Dipa Bhawana

Dalam rangka meningkatkan eksistensinya Unit Kegiatan Mahasiswa Kelompok Diskusi Dipa Bhawana UNHI memiliki logo yang memiliki makna yang sangat dalam antara lain :

  1. Tali Pengikat bertuliskan Dipa Bhawana, Tali pengikat ini merupakan simbol bahwa Mahasiswa yang tergabung dalam UKM ini merupakan mahasiswa pilihan dengan pemahaman agama yang mantap. Mereka diikat dengan kesadaran bahwa dengan cara diskusi mereka akan mampu mendapatkan pemahaman yang baik seputar keagamaan. Selain itu, ketika mereka memiliki ilmu pengetahuan maka mereka akan menjadi sinar bagi dirinya dan lingkungannya baik lingkungan keluarga, lingkungan masyarakat Bangsa dan negara.
  2. Teratai Merah, Ketika mereka tergabung dan terikat dengan kesadaran untuk mengetahui, maka mereka hendaknya memiliki dan memelihara kesucian agar kemudian mereka mampu menangkap inti sari dari setiap diskusi sehingga mereka tidak Disalahkan dalam mendiskusikan Sarininggama , dalam rangka memelihara kesucian inipun merek hendaknya menjaganya dengan keberanian, dibuktikan dengan teratai berwarna merah.
  3. Angsa Putih, Pengertian Angsa Putih adalah bahwa setelah kesucian itu diperoleh maka Ilmu pengetahuan itulah yang akan memberikan mereka kebijaksanaan untuk memilih segala sesuatu yang baik atau yang buruk dalam menjalankan swadharmanya. Angsalah salah satu fauna yang mampu membedakan sesuatu yang boleh ia makan dan tidak sehingga ini kemudian menjadi simbol kebijaksanaan.
  4. Kesucian itu mampu memberikan kesadaran yang sejati yang disimbolkan dengan Ongkara. Kesunyatan yang mampu memberikan nilai dari segala laku dan fikir manusia
  5. Dikelilingi oleh garis lingkaran kecil berwarna hitam. ini sebagai simbol kekuatan Wisnu yang mampu memelihara Alam ini dengan baik.
  6. Dikelilingi oleh garis lingkaran kecil berwarna putih. Ini adalah simbul dari keharmonisan yang diberikan oleh kekuatan Siwa
  7. Dikelilingi oleh garis lingkaran berwarna merah. Ini adalah kekuatan untuk penciptaan yang mampu mengaktifkan kreatifitas manusia yang semakin bertumbuh diusia muda.
  8. Dikelilingi oleh lingkaran kelopak padma berjumlah 8. Segala sesuatu yang dilakukan oleh manusia mesti disadari akan dikembalikan pada segala kemahakuasaan Tuhan yaitu Asta Aiswarya. Segalanya adalah beliau, persembahkanlah semuanya ini kepada beliau.

Visi dan Misi UKM Diskusi Dipa Bhawana

Visi :

Menjadi Sumber Informasi Keagamaan dikalangan Umat Hindu

Misi :

  1. Melakukan Kegiatan Diskusi dengan mengangkat Isu-Isu keagamaan dilingkungan Umat.
  2. Melakukan Kegiatan Dharmawacana baik Intern dan Ekstern kampus.
  3. Melakukan Peningkatan Sradha dan Bhakti dengan melakukan kegiatan Ngayah dan Tirta Yatra
  4. Melakukan kegiatan Seminar, Ceramah, Kuliah Umum dan kegiatan akademik lainnya

Tugas – Tugas Pokok Struktur UKM Kedis UNHI

Pembina adalah pusat segala koordinasi kegiatan UKM, sehingga tidak satupun kegiatan UKM berjalan tanpa persetujuan Pembina. Pembina berwenang melakukan konsensus untuk kebaikan UKM (Jika Diperlukan). Pembina berhak memberikan rekomendasi dan penugasan kepada pengurus dan anggota UKM (jika Diperlukan)

Pembina UKM

  1. Membina jalannya diskusi dan keberlangsungan Unit Kegiatan Mahasiswa di Universitas Hindu Indonesia Denpasar.
  2. Sebagai pusat koordinasi kegiatan Unit Kegiatan Mahasiswa Kelompok Diskusi.
  3. Melakukan audit dan arahan penggunaan keuangan di UKM
  4. Mengangkat dan Memberhentikan pengurus UKM Kedis sesuai dengan keputusan rapat UKM Kedis.
  5. Pusat Koordinasi penggunaan keuangan di dalam kegiatan UKM

Ketua

  1. Bertugas mengkoordinasikan segala aktifitas UKM kepada Pembina dan anggotanya.
  2. Melakukan kegiatan koordinasi dengan organisasi lain di lingkungan kampus dan luar kampus
  3. Menjaga keberlangsungan UKM Kedis .
  4. Meningkatkan kegiatan UKM serta Kualitas UKM Kedis UNHI
  5. Melakukan kontrol dan perijinan keuangan yang ada didalam organisasi UKM Kedis UNHI
  6. Bertanggungjawab kepada Pembina UKM Kedis
  7. Didalam melaksanakan tugasnya akan dibantu oleh Wakil Ketua UKM.

Sekretaris

  1. Melakukan segala kegiatan kesekretariatan UKM Kedis
  2. Melakukan koordinasi surat menyurat kepada pembina dan ketua UKM.
  3. Menyiapkan dan berkoordinasi tentang jalannya diskusi kepada ketua dan Pembina UKM Kedis
  4. Melakukan tugas yang dibebankan oleh ketua dan Pembina UKM Kedis
  5. Didalam melakukan tugasnya akan dibantu oleh Sekretaris 2

Bendahara

  1. Melakukan segala manajemen keuangan yang dilakukan oleh UKM Kedis UNHI
  2. Menerima dan mengeluarkan dana yang dimiliki dan yang diterima oleh UKM Kedis dengan pertanggungjawaban/sepengetahuan yang jelas dari Ketua dan pembina UKM Kedis
  3. Melakukan segala administrasi keuangan yang menyangkut tempat penyimpanan dana UKM dan lain-lainnya terkait dengan keuangan.
  4. Sekretaris bertanggungjawab kepada ketuan dan Pembina UKM Kedis
  5. Didalam melakukan tugasnya akan dibantu oleh Bendahara 2

 

Anggota

  1. Melaksanakan dengan penuh tanggungjawab segala aktifitas UKM Kedis UNHI.
  2. Secara terus menerus meningkatkan diri melalui pembelajaran guna eksistensi UKM Kedis UNHI.
  3. Membantu pengurus UKM Kedis dalam melaksanakan tugasnya.
  4. Selalu siap dalam menjalankan tugasnya sebagai anggota UKM kapanpun dan dimanapun UKM Kedis ini dilakukan.
  5. Memiliki komitmen yang jelas terhadap pengembangan UKM kedepan.

Kesepakatan : Segala yang belum tertuang dalam tugas pokok struktur diatas akan diatur sesuai dengan kesepakatan rapat UKM Kedis Dipa Bhawana kemudian.

 Ketua

Ida Bagus Anom Suwiryantha

NPM :13.07.01.1645

Denpasar, 31 Desember 2012

UKM Kedis UNHI

Sekretaris

Mia Kusuma Dewi

NPM : 10.07.01.1206

 

Mengetahui,

Pembina UKM Kedis UNHI

I K. Satria, S.Ag

NIK : 010082