MAHASISYA UPANAYANA UNHI DITUTUP DENGAN TIRTAYATRA DI PURA ULUWATU
2 Oktober

MAHASISYA UPANAYANA UNHI DITUTUP DENGAN TIRTAYATRA DI PURA ULUWATU

Setelah menjalani berbagai kegiatan Sebagai mahasiswa baru yang dikemas dalam Mahasisya Upanayana 2017 di Kampus Universitas Hindu Indonesia (Unhi), Senin (2/10) dilanjutkan dengan tirtayatra di Pura Uluwatu. Sejumlah mahasiswa yang berjumlah Sekitar 700 orang turut berpartisipasi.

Kegiatan kali ini diisi persembahyangan dan dharma wacana dari Ketua Lembaga Pengabdian Masyarakat Unhi. Sebagai bentuk tanggung jawab Sosial, pihak kampus juga menyerahkan dana punia Serta Sarana persembahyangan yang diterima oleh pemangku setempat.

Rektor Unhi Dr. Ida Bagus Dharmika, M.A. mengatakan, dipilihnya Pura Uluwatu untuk melakukan tirtayatra Selain untuk persembahyangan juga guna memperkenalkan Pura pura yang termasuk Sad Kahyangan kepada mahasiswa baru. Mengingat pola ilmiah pokok di Unhi adalah agama dan kebudayaan, pihaknya berharap mahasiswa baru nantinya mengenal minimal pura yang ada di Bali. Mulai dari Pura Uluwatu, mereka diharapkan mengenal pura lain Seperti Lempuyang, Andakasa dan Batur. “Minimal pura besar, Sad Kahyangan, dikenal oleh mahasiswa baru dimulai dari Pura Uluwatu,” ucapnya.

Ditambahkannya, tirtayatra ini dalam rangka penutupan lnahasisya upanayana dan kegiatan KKN Serta pembukaan Utsawa Bali Sani yang dilaksanakan di kawasan Pulau Peninsula, Nusa Dua.

Badung. Menurutnya, mahasisya upanayana silaksanakan sebagai rangkaian rekrutmen mahasiswa baru. Mahasiswa baru harus diproses karena ada perubahan-perubahan yang tejadi. Pertama, dari SMA/SMK ke universitas tentu Saja banyak perubahan terjadi. Misalnya dalam Sistem pendidikan, Unhi menggunakan Sistem SKS, Sistem online dan Sistem pembelajaran Sesuai Standar-standar yang   Selanjutnya, Unhi memiliki 33 Standar untuk melaksanakan proses pembelajaran, penelitian dan pengabdian. Ketua Panitia Mahasisya Upanayana 2017 I Ketut Mona Arsika menyampaikan, kegiatan yang merupakan rangkaian mahasisya upanayana ini diawali persembahyangan di kampus. Pada tirtayatra juga dilakukan penyerahan mahasiswa dari rektor kepada dekan Serta penutupan mahasisya upanayana. Unhi memiliki enam fakultas, yaitu Fakultas Ekonomi (Prodi Manajemen dan Akuntansi), Fakultas Teknik (Prodi Teknik Sipil Serta Perencanaan Wilayah dan Kota/Planologi), Fakultas Ilmu Agama dan Kebudayaan (Prodi Ilmu Filsafat Hindu dan Hukum Agama Hindu), Fakultas MIPA (Prodi Biologi), Fakultas Kesehatan (Prodi Kesehatan Ayurweda) Serta Fakultas Pendidikan Agama dan Seni (Prodi Pendidikan Agama, Seni Tari Keagamaan Hindu, Seni Karawitan Keagamaan Hindu Serta Seni Rupa dan Ornamen Hindu)

 

DSCF0665 DSCF0667 DSCF0675 DSCF0677 DSCF0661 DSCF0662IMG_0046 IMG_0050 IMG_0054 IMG_0018 IMG_0025 IMG_0026 IMG_0030 IMG_0036 IMG_0041