PASCASARJANA UNHI KEMBALI LAHIRKAN DOKTOR.
12 Agustus

PASCASARJANA UNHI KEMBALI LAHIRKAN DOKTOR.

Program Pascasarjana Universitas Hindu Indonesia (Unhi) kembali melahirkan doktor ,pada jumat 11 Agustus 2017. Pascasarjana Unhi melahirkan doktor atas nama I Wayan Ritiaksa, S.Ag,.M.Ag. Mempertahankan disertasi dengan judul “Internalisasi Ajaran Bhakti pada Pembelajaran Agama Hindu di SDN 27 Pemecutan, Kecamatan Denpasar Barat, Kota Denpasar” Ritiaksa dinyatakan lulus dengan predikat sangat memuaskan. Dalam ujian promosi doktor di aula  Gedung Rektorat Unhi , promovendus diuji oleh dewan penguji yang diketuai oleh Ketua Senat Dr. Ida Bagus Dharmika, MA dan Sekretaris Prof. Dr. I Putu Gelgel, SH.,M.Hum dengan anggota Prof. Dr. I Negah Bawa Atmaja, M.A (Promotor) , Dr. I Wayan Budi Utama, M.Si (ko-promotor), Prof. Dr. I Ketut Suda, M.Si, Prof. Dr. IA Gde Yadnyawati, M.Pd, Prof. Dr. I Wayan Suka Yasa, M.Si, Prof. Dr. I Made Surada, MA, Dr. Ni Putu Swardani, M.Pd, Dr. I Wayan Paramartha, SH,.M.Pd dan Dr. I Wayan Suija, M.Pd.

Rektor Unhi Dr. IB Dharmika menyampaikan, semakin banyak Pascasarjana Unhi menamatkan doktor menunjukkan bahwa proses pembelajaran di Unhi bermutu dan diminati oleh masyarakat. Ritiaksa tercatat sebagai doktor ke-39 lulusan Pascasarjana Unhi.

Ketua Program Pascasarjana Prof. Dr. Putu Gelgel mengatakan, dalam kondisi maraknya radikalisme yang mengancam kebinekaan dan persatuan bangsa, kajiantentang internalisasi bhakti dalam pengajaran agamaHIndu sangat penting artinya untuk meredam kekerasan, baik fisik maupun verbal, Sebab dari penelitian telah membuktikan bahwa ajaran Bhakti meredam kenakalan dan kekerasan yang dilakukan oleh para siswa.

Promotor Prof. Nengah Bawa Atmaja mengungkapkan, disertasi Ritiaksa merupakan etnografi sekolah yang memberi penyadaran betapa pentingnya ajaran bhakti. Dalam konteks ini ada sumbangan akademik yang penting dimaknai untuk memperkecil tindakan negative yang dilakukan siswa, Tanggung jawab ini tak hanya berada di tangan guru , tetapi semua pihak.

Kini lulusan doktor Pascasarjana Unhi sudah mencapai 39 orang, tersebar di Bali dan Luar Bali. Demikian juga mahasiswa Program Doktor Unhi berasal dari berbagai daerah di Tanah Air.

 

IMG_3548 IMG_3466 IMG_3467 IMG_3469 IMG_3470 IMG_3472 IMG_3474 IMG_3491 IMG_3509 IMG_3515 IMG_3518 IMG_3523