UNHI

Universitas Hindu Indonesia memiliki lambang bunga teratai yang disebut dengan Dharma Widya Prawretti, dengan motto Amretham Tu Widya. Arti dari bagian-bagian nama lambang Unhi tersebut ialah Dharma berarti Agama, Widya berarti Ilmu Pengetahuan, Prawretti berarti mempelajari. Dharma Widya Prawretti berarti mempelajari ilmu pengetahuan dan agama. Sedangkan Amretham berarti hidup, Tu berarti jalan, melalui dan Widya berarti pengetahuan. Amretham Tu Widya berarti Ilmu Pengetahuan adalah jalan untuk mencapai kehidupan yang benar dan bijak.

Lambang Universitas Hindu Indonesia berbentuk Padma (teratai) yang tersusun atas:

  1. Tiga Lingkaran (melambangkan pemersatu dan kesatuan yang bulat). Lingkaran luar berwarna kuning emas. Lingkaran tengah berwarna putih dengan 19 bintik (titik) yang berwarna kuning emas, lambang dari tanggal 19 (tanggal pendirian Universitas Hindu Indonesia). Lingkaran dalam berwarna putih dengan 5 bintik (titik) berwarna kuning emas, lambang dari bulan mei (bulan pendirian universitas Hindu Indonesia).
  2. Daun Bunga Padma tersusun atas tiga lapis sebagai lambang tugas Perguruan Tinggi yaitu Tri Dharma Perguruan Tinggi (pendidikan, pengajaran, penelitian dan pengabdian pada masyarakat). Masing-masing lapis daun padma tersebut terdiri atas 8 helai yang melambangkan kedelapan penjuru angin (Asta Loka). Daun bunga padma dengan tepi datar, dengan warna kuning emas. Daun bunga padma lapis kedua dengan tepi lancip setengah lingkaran berwarna kuning emas.
  3. Pusat sari melambangkan pusat ilmu pengetahuan dan teknologi, seni dan keagamaan yang suci dan luhur, terdiri atas 93 bintik kuning emas yang melambangkan berdirinya Universitas Hindu Indonesia.