Unhi Gelar Kuliah Umum “Wariga Belog”
6 Juli

Unhi Gelar Kuliah Umum “Wariga Belog”

Guna meningkatkan pemahaman tentang hubungan harmonisasi antar manusia dan alam, Universitas Hindu Indonesia (Unhi) Denpasar menggelar kuliah umum “Wariga Belog” dengan tema “Melalui Pemahaman  Wariga Belog, Kita Tingkatkan Hubungan Harmonisasi Manusia dengan Alam di Gedung Rektorat Kampus Unhi, pada hari Kamis , 6 Juli 2017.

Kuliah Umum ini menghadirkan Sulinggih yang ahli di bidang wariga belog yaitu Ida Pedanda Nyoman Temuku dari Payangan, Gianyar. Kegiatan ini dihadiri langsung oleh rektor Unhi Dr. Ida Bagus Dharmik, MA, mengatakan dalam kehidupan masyarakat bali khususnya dan Hindu pada umumnya, wariga merupakn nilai atau norma yang harus diikuti oleh umat Hindu secara umum agar bias hidup selaras dengan alaml. DI dalam teori ekologi ada dua konsep yang dikenal yaitu ekosentrisme dan antroposentrisme, Namun pada wariga belog yang cendrung dibahas adalah ekosentrisme, yaitu manusia tunduk dengan alam, sehingga manusia harus selaras dengan alam.

Untuk bias menyelaraskan hal ini maka kajian tentang wariga harus dilakukan melalui kuliah umum yang mengundang ahlinya , Ida Pedanda Nyoman Temuku asal Gianyar, sehingga nantinya para mahasiswa, dosen, kelompok diskusi bisa mendalami permasalahan wariga belog. Sebab, dalam sabda dangga salah satu Jutisa, yaitu tentang planet-planet yang mempengaruhi kehidupan manusia” terang Ida Bagus Dharmika.

Dikatakan, setiap kelahiran manusia dipengaruhi oleh wariga. Jadi bik buruknya kehidupan, sukses dan tidaknya seseorang dalam bisnis ang dijalankan, sangat dipengaruhi oleh wariga kelahirannya. Oleh karena itu unhi sebagai institusi yang berlandaskan agama Hindu, kedepannya akan memasukkan wariga kedalam kurikulum pembelalajaran melalui kajian-kajian yang sering dilakukan.

Menurut Wariga belog apabila manusia ingin berdiri diatas kaki sendiri dan ingin mengetahui perilakunya, maka manusia harus memhahami  dan mengetahui situasi alam. Sebab alam tak pernah mau berkomentar, baik idrinya diperhatikan atau tidak oleh manusia. Karenanya manusia harus mengetahui alam untuk menuju kesuksesan. Kehancuran manusia tidak disebabkan oleh orang lain, itu hanya pelarian. Kehancuran lebih di pengaruhi oleh Wariga Belog, sehingga manusia harus berusaha mengikuti alam.

Kuliah Umum ini dihadiri oleh Bapak Ibu Dosen, Segenap Civitas Akademika dan Mahasiswa.

 

IMG_2580  IMG_2512 IMG_2514 IMG_2520 IMG_2532 IMG_2534 IMG_2538 IMG_2544 IMG_2610IMG_2546 IMG_2549 IMG_2563 IMG_2568 IMG_2576 IMG_2577 IMG_2578  IMG_2593 IMG_2606IMG_2613