UNHI melepas 364 Orang Wisudawan
24 Mei

UNHI melepas 364 Orang Wisudawan

Melepas 364 orang wisudawan, Universitas Hindu Indonesia (Unhi) Denpasar menggelar upacara Wisuda Sarjana ke-53, Magister ke25 dan Doktor ke-13 di Inna Grand Bali Beach Hotel, Sanur, Kamis (24/5) kemarin. Para Wisudawan terdiri atas S-1 sebanyak 348 orang, S-2 berjumlah 9 orang dan S-3 (Doktor) tercatat 7 orang. Tiga lulusan terbaik diraih oleh I Gede Ega Riantama, S.M. dari Program Studi (Prodi) S-1 Manajemen dengan IPK 3,99 (Cumlaude), Duwi Oktaviana, M.Pd. Dari Prodi S-2 Pendidikan Agama Hindu dengan IPK 3,81 (Cumlaude) dan Dr. I Wayan Artha Dipa, S.H., M.H. dari Prodi S-3 Ilmu  Agama dan Kebudayaan dengan IPK 3,78 (Cumlaude). Saat ini Unhi Denpasar memiliki mahasiswa 4.002 orang yang terdiri atas 3.300 S-1, 563 S-2 dan 1,39 S-3.

Upacara wisuda dihadiri Dirjen Bimas Hindu Kementerian Agama RI Prof Drs. I Ketut Widnya, M.A., M.Phil., Ph.D., perwakilan PHDI Pusat, Koordinator Kopertis Wilayah VIII Prof. Dr. I Nengah Dasi Astawa, Ketua Yayasan Pendidikan Widya Kerthi Prof. Dr. Phil. I Ketut Ardhana, M.A., pimpinan PTN dan PTS se-Bali dan seluruh Wisudawan Wisudawati Unhi Denpasar. Rektor Unhi Denpasar Prof. Dr. drh. I Made Damriyasa, M.S. mengatakan, tata kelola universitas yang baik menjadi suatu keniscayaan bagi Unhi Denpasar untuk mampu bersaing di tingkat nasional, regional dan global dalam upaya mencapai visi universitas. Untuk itu, Unhi Denpasar terus menyempurnakan dan meningkatkan mutu tata kelola Lmiversitas. Apalagi perubahan universitas dunia sangat pesat.

Arus globalisasi dan era revolusi industri 4.0 yang dikenal dengan fenomena disruptive innovation menuntut perguruan tinggi (PT) untuk berubah. Jadi universitas dituntut melakukan perubahan program dan layanan yang Iebih banyak menggunakan teknologi digital (online). “Menghadapi hal tersebut Unhi Denpasar sedang mengembangkan manajemen data digital yang terintegrasi dalam layanan akademik dan tata kelola universitas,” tandasnya.

Selain memperkuat tata kelola, Unhi Denpasar secara aktif menjalin kerja sama dengan berbagai pihak di tingkat nasional dan internasional. Salah satunya dengan Upper Iowa University, AS, untuk mengembangkan program double degree sebagai antisipasi menangkap peluang masuknya universitas asing ke Indonesia. Dalam lima tahun terakhir ini Unhi Denpasar telah melaksanakan berbagai kegiatan yang melibatkan berbagai pihak, seperti sarasehan yang dihadiri Dinas PUPR Provinsi Bali dan LPJKP Bali, Focus Group Discussion (FGD) yang diikuti berbagai Universitas, workshop internasional, seminar internasional dan kuliah umum.

Dikatakannya, saat ini Unhi Denpasar satu-satunya lembaga pendidikan di kawasan Asia Tenggara yang mempunyai Prodi Kesehatan Ayur Weda. Sekarang tren pengobatan tradisional sangat diminati di dunia, sehingga prodi ini akan dijadikan salah satu unggulan di Unhi Denpasar dalam pengembangan pengobatan alternatif dan komplemeter.