Upper Iowa University Bangun Kerjasama dengan Unhi
17 Mei

Upper Iowa University Bangun Kerjasama dengan Unhi

UNIVERSITAS Hindu Indonesia Denpasar terus berupaya membangun jejaring kerjasama dan hubungan internasional antarperguruan tinggi. Hal ini dibuktikan dengan  kedatangan tamu dari Upper Iowa University Kanada pada Rabu (16/5). Kedatangan Assistant Vice President-Asia Operations Upper Iowa University Kalai Ponniah yang ditemani Sures Kumar diterima langsung oleh Rektor Universitas Hindu Indonesia Prof. Dr. drh. I Made Damriyasa MS dengan didampingi Kepala Humas dan Kerjasama Unhi WA. Sindhu Gitananda, SS. M.Hum dan Sekretaris Humas I Gusti Agung Paramita, S.Ag, M.Si di ruang kerja rektor.

Kedatangan Kalai Ponniah ini dalam rangka menjajagi kerjasama di bidang pendidikan antara Universitas Hindu Indonesia dan Upper Iowa University. Kalai Ponniah menjelaskan bahwa kedatangannya untuk menawarkan kerjasama di Unhi merupakan yang pertama di Indonesia.

Sebelumnya, pihak Iowa University belum pernah bekerjasama dengan Universitas lain di Indonesia. Kerjasama yang dilakukan dalam bentuk double degree yakni penyelenggaraan kegiatan antar perguruan tinggi untuk melaksanakan suatu program studi secara bersama serta saling mengakui lulusannya. Khusus untuk Unhi kerjasama pendidikan di bidang ilmu manajemen, bisnis administrasi dan pendidikan anak usia dini. “Kerjasama bisa dilakukan di bidang ilmu manajemen, bisnis administrasi dan pendidikan anak,” paparnya.

Tawaran kerjasama dari Upper Iowa University disambut sangat baik oleh Rektor Universitas Hindu Indonesia Prof. Dr. drh. I Made Damriyasa M.S. Dalam kesempatan tersebut, Prof. Damriyasa menjelaskan bahwa saat ini Unhi memang sedang gencar membangun jejaring kerjasama di bidang pendidikan dengan perguruan tinggi baik di dalam maupun luar negeri. Jika dibandingkan dengan perguruan tinggi yang lain, Unhi memiliki ciri khas tersendiri, karena berbasiskan Hindu.

Secara umum, lanjut Damriyasa, Unhi memiliki enam fakultas yang di antaranya adalah Fakultas Ilmu Agama dan Kebudayaan, Fakultas Teknik, Fakultas Mipa, Fakultas Pendidikan Agama dan Seni, Fakultas Ekonomi, dan Fakultas Kesehatan. Unhi juga memiliki program Pascasarjana S2 dan S3 di bidang Pendidikan Agama Hindu, dan Ilmu Agama dan Kebudayaan. Fakultas Kesehatan Unhi memiliki Prodi Kesehatan Ayurweda yang satu-satunya di Indonesia. Inilah keunikan dimiliki Unhi yang tidak dimiliki oleh Universitas lain di Indonesia.

“Saya sangat tertarik dengan tawaran kerjasama dari Upper Iowa University. Kerjasama bisa disesuaikan dengan bidang ilmu yang ada di sana. Jika ekonomi dan bisnis, kami memiliki Fakultas Ekonomi. Khusus untuk pendidikan anak, kita juga memiliki fakultas pendidikan. Jadi ada beberapa bidang ilmu yang bisa dikerjasamakan. Kerjasama ini juga untuk meningkatkan kualitas pendidikan khususnya di Universitas Hindu Indonesia. Kami ingin Unhi menjadi universitas unggulan di Indonesia,” papar Prof. Damriyasa.

Prof. Damriyasa menambahkan, selama ini Unhi sudah bekerjasama dengan beberapa perguruan tinggi unggulan baik di Indonesia maupun luar negeri. Beberapa bulan lalu, Unhi sudah membuat MoU dengan Institut Teknologi Bandung (ITB). Khusus di bidang kesehatan Ayurweda Unhi juga sudah bekerjasama dengan Internasional Center for Culture Studies. Ke depan, lanjut Prof. Damriyasa, Unhi akan terus berupaya membangun kerjasama sesuai dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi baik di tingkat nasional maupun internasional. Kerjasama di bidang pendidikan sangat penting dilakukan untuk mendukung Unhi menjadi Universitas unggulan