background

BERITA

Jurusan Akuntansi FEBP Unhi Denpasar Gelar Olimpiade Akuntansi dan Pajak Ke-10


Image

Himpunan Mahasiswa Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi, Bisnis, dan Pariwisata (FEBP) Universitas Hindu Indonesia (Unhi) Denpasar menggelar Olimpiade Akuntansi dan Pajak ke-10 tingkat SMA dan SMK se-Provinsi Bali di Aula Rektorat Lantai III Kampus Unhi Denpasar, Sabtu (8/2). Olimpiade kali ini mengusung tema "Upgrading The Quality Of Accountant Candidate As The Estafet To Save The Country Revenue". Olimpiade dibuka oleh Wakil Rektor III Unhi Denpasar, Dr. Ir. I Wayan Muka, S.T., M.T., bersama Wakil Dekan FEBP Unhi Denpasar I Wayan Sudiana, SE.,M.Si.Ak.,CA., dan Kaprodi Akuntansi FEBP Unhi Denpasar, Sang Ayu Putu Arie Indraswarawati, SE.,M.Si.Ak.CA. Sebanyak 76 peserta dari 23 SMA dan 53 SMK se-Bali berkompetisi adu kecerdasan untuk memperebutkan piala dan piagam penghargaan.

Ketua Panitia, Ni Luh Heppy Monika Santya Dewi, mengatakan persiapan lomba Olimpiade Akuntansi dan Pajak ke-10 ini telah dilakukan jauh-jauh hari. Mulai dari mengirim proposal ke SMA dan SMK seluruh Bali agar mereka mempersiapkan siswa/siswi mereka untuk mengikuti olimpiade yang rutin diselenggarakan tiap tahun oleh Jurusan Akuntansi FEBP Unhi Denpasar. "Tujuan dari olimpiade ini untuk meningkatkan pengetahuan bidang akuntansi dan pajak kepada siswa maupun sekolah-sekolah, karena dalam dunia kerja pengetahuan tentang akuntansi dan pajak sangat dibutuhkan,"ujar mahasiswi semester 4 Jurusan Akuntansi FEBP Unhi Denpasar ini.

Wakil Rektor III Unhi Denpasar, Dr. I Wayan Muka, mengatakan Olimpiade Akuntansi dan Pajak yang digelar Jurusan Akuntansi FEBP Unhi Denpasar bertujuan untuk memberikan ruang dan kesempatan kepada siswa/siswi SMA dan SMK untuk meningkatkan kemampuan, khususnya dibidang ilmu akuntansi dan pajak. Sebab, kemampuan yang dimiliki oleh siswa/siswi apabila tidak diasah dalam sebuah kompetisi yang tingkatannya lebih luas, maka kemampuan yang dimiliki tidak akan berkembang atau stagnan.Oleh karena itu, kemampuan siswa/siswi perlu dievaluasi dan diukur dengan mengikuti perlombaan yang sifatnya eksternal. Apalagi, ilmu akuntansi dan pajak sangat penting dalam kehidupan, terutama dalam mengelola keuangan.

Pada kesempatan ini, Wayan Muka mengatakan, peserta yang meraih juara I, II, dan III pada Olimpiade ini, apabila nanti melanjutkan studi di Unhi Denpasar akan dibebaskan biaya SPP dari semester 1 - 8. Meskipun mengambil jurusan di luar FEBP Unhi Denpasar. Sebab, saat ini Unhi Denpasar telah mengembangkan 18 Prodi. Hal ini dilakukan sebagai apresiasi kepada siswa/siswi SMA dan SMK yang memiliki prestasi, sehingga mereka bisa melanjutkan pendidikannya tanpa hrus dibebankan biaya SPP.

Pada Olimpiade Akuntansi dan Pajak ke-10 ini, juara umum kategori SMA diraih oleh SMA N 1 Ubud dan juara umum kategori SMK diraih SMK N 1 Mas Ubud. Sementara juara 1, 2, dan 3 kategori SMA diraih Gusti Ayu Desy Raennita (SMA N 1 Ubud), Dewa Gede Putra Mahayana (SMA N 1 Ubud) dan Ni Made Oka Risnawati (SMA N 1 Ubud). Sedangkan juara 1, 2, dan 3 kategori SMK diraih oleh Ni Putu Ayu Febi Octanea Desswita (SMK N 1 Mas Ubud), Tjok Istri Putri Prami Saraswati Pemayun (SMK Dwijendra Denpasar) dan Ni Putu Risma Jayanti (SMK N 1 Gianyar). HM