background

BERITA

KKN UNHI Resmi Ditutup, Laksanakan Berbagai Program di Tengah Pandemi


Image

KULIAH Kerja Nyata atau KKN Universitas Hindu Indonesia (UNHI) Denpasar secara resmi ditutup Rektor UNHI Denpasar, Prof. Dr. drh. I Made Damriyasa, M.S, Rabu (7/10) di kampus UNHI Denpasar.

Seperti diketahui Universitas Hindu Indonesia dalam mengimplementasikan program Tri Dharma Perguruan Tinggi melalui program pengabdian masyarakat telah dilaksanakan program kuliah kerja nyata pada tahun 2020 dengan mengusung tema “Desa Kala Patra, Amertaning Bhuwana”, yaitu memuliakan kehidupan berdasarkan tempat, waktu dan keadaan. Tema ini diambil karena erat kaitannya dengan kondisi saat ini di mana pandemi Covid 19 di seluruh belahan dunia.

Sementara itu KKN UNHI tahun 2020 dilaksanakan secara virtual atau online oleh seluruh peserta KKN. Berangkat dari tema Dasa Kala Patra, mahasiswa pada intinya melakukan program-program kuliah kerja nyata di mana mereka tinggal saat ini.

Ketua panitia KKN, I.B Purwa Sidemen, s.Ag, M.Si mengatakan, dalam pelaksanaan KKN selama ini program kerja yang dilaksanakan di antaranya dalam bidang kesehatan yakni penyemprotan disinfektan, sosialisasi pentingnya mencuci tangan dan penggunaan masker, pembagian hand sanitizer, sosialisasi pencegahan covid 19, penempelan poster pencegahan penyebaran covid 19 di tempat umum, pembagian masker kepada lansia dan pinandita, pembagian loloh kunyit dan pemanfaatan tanaman obat untuk meningkatkan imun tubuh, serta berpartisipasi pada kegiatan posyandu.

Dalam bidang ekonomi dilakukan pengembangan UMKM melalui e-commerce, penyuluhan pentingnya menabung dari usia dini, pelatihan pembukuan sederhana pada UMKM, pendampingan usaha ternak, pembuatan kartu stok barang dalam program excel pada bumdes, serta pelatihan dan promosi UMKM pada media sosial dan digital marketing.

“Selain itu dalam bidang lingkungan hidup dengan pembersihan dan gotong-royong, pemberian bibit tanaman obat, sayur mayur dan benih ikan, menyumbangkan peralatan mencuci tangan serta berpartisipasi pada kegiatan penyemprotan disinfektan,” tuturnya.

Dalam bidang pendidikan sosial, seni dan agama direalisasikan dengan pembersihan lingkungan pura, ikut berpartisipasi mejejahitan pada persiapan upacara pura kahyangan tiga, kursus singkat berupa pelatihan aksara Bali, penyerahan tong sampah dan alat mencuci tangan, penataan produk non lokal dalam masa pandemi dalam rangka pencegahan covid 19 sekaligus sosialisasi protokol kesehatan.

Rektor UNHI Denpasar, Prof. Damriyasa mengatakan, dari evaluasi selama sebulan ini KKN pada tahun ini sudah bisa dilaksanakan dengan baik meskipun dalam kondisi pandemi covid 19.

Meskipun dengan keadaan saat ini interaksi antara mahasiswa program studi tidak semaksimal kondisi sebelum pandemi. Namun dari segi efektivitas pelaksanaan sudah cukup efektif sehingga kedepannya perlu dikembangkan meskipun masa Pendemi covid 19 berakhir.

“Kita belum membuat inovasi-inovasi baru terkait dengan pelaksanaan kuliah kerja nyata tahun-tahun berikutnya, utamanya terkait dengan kampus merdeka belajar”, ucap Rektor.

Kuliah Kerja Nyata UNHI pada tahun ini diikuti dengan jumlah peserta sebanyak 573 orang terbagi dalam 58 kelompok dan 58 dosen pembimbing dari 6 fakultas di lingkungan unhi Denpasar, yaitu dari Fakultas Ilmu Agama, Seni dan Budaya, Fakultas Ekonomi Bisnis dan Pariwisata, Fakultas Teknik, fakultas MIPA dan Sains, Fakultas Kesehatan Ayurweda, dan Fakultas Pendidikan Agama dan Seni. HM