background

BERITA

Mahasiswa Unhi Raih Medali Emas dan Perak


Image

DUA atlet asal Kabupaten Tabanan, yaitu I Gusti Agung Ngurah Suardyana (20) dan I Wayan Purbawa (20) yang merupakan mahasiswa Unhi Denpasar berhasil meraih prestasi gemilang di tingkat internasional di ajang ASEAN University Games (AUG) 2018 di Myanmar. I Gusti Agung Ngurah Suardyana berhasil merebut medali emas pada cabang olahraga Vovinam dalam kategori Long Ho Quyen Nam (Dragon Tiger Form), mengalahkan atlet Kamboja, Vietnam dan Myanmar. Sedangkan, I Wayan Purnawa berhasil merebut medali perak padacabang yang sama dalam kategori Ngu Mom Quyen (Five Gate Form), setelah berhasil mengalahkan atlet asal Kamboja dan Myanmar, namun kalah difinal saat melawan atlet asal Vietnam.

Kedua atlet yang bergelimang prestasi ini merupakan atlet pada universitas yang sama yang satu-satunya mewakili Indonesia pada cabang olahraga Vovinam di ajang ASEAN University Games 2018 Myanmar. Mereka mulai bertanding 14 hingga 18 Desember 2018 lalu.

"Persiapan sudah saya lakukan jauh-jauh hari, bahkan dari satu tahun lalu. Jadi saat bertanding saya percaya diri dan optimis bisa menang, dan saya pun berhasil merebut juara. Saya sangat bangga bisa meraih medali emas di tingkat internasional,"ujar I Gusti Agung Ngurah Suardyana, mahasiswa semester 5 prodi Pembangunan Wilayah dan Perkotaan (PWK) Unhi Denpasar saat ditemui di Denpasar belum lama ini.

 

Sementara itu, I Wayan Purnawa mengaku awalnya sedikit grogi berlaga di ajang internasional. Namun karena persiapan yang telah dilakukan dengan matang, mahasiswa prodi Ekonomi Managemen ini mampu menghadapi lawan-lawannya dengan optimal. "Ya meskipun saya kalah dibabak final, tapi ini prestasi yang membanggakan bagi pribadi saya,"ujarnya.

I Gusti Agung Ngurah Suardyana yang berasal dari Banjar Delod Rurung, Desa Delod Peken, Kecamatan Tabanan-Tabanan ini merupakan atlet yang telah bergelimang prestasi di cabang olahraga Vovinam.

Ia pernah merai 1 emas dan 4 perunggu pada perhelatan The 4th AVF Asian Vovinam Championships pada 2-7 November 2018 lalu di Tabanan. Selain itu, ia juga pernah meraih 1 emas dan 4 perunggu pada The 5th South East Asian Vovinam Championships pada 7-12 Agustus 2018 silam di Nay Pyi Taw- Myanmar.

Sedangkan, I Wayan Purbawa yang berasal dari Banjar Curah, Desa Gubug, Kecamatan Tabanan-Tabanan ini pernah meraih 2 perunggu pada perhelatan The 4th AVF Asian Vovinam Championships pada 2-7 November 2018 lalu di Tabanan dan meraih 1 emas dan 2 perunggu pada South East Asian Vovinam Federation (SEAVF) pada 11-14 tahun 2017 silam di Camboja.

ASEAN University Games merupakan pertandingan atlet-atlet dari mahasiswa negara-negara ASEAN yang berlangsung dari 7 - 20 Desember 2018 di Nayphidaw, Myanmar. Khusus untuk Indonesia, tahun 2018 ini mengikuti sebanyak 13 cabang olahraga. Diantaranya, Atletik, Panahan, Badminton, Bola Basket, Renang, Bola Voly, Catur, Karate, Petanque, Dayung, Wushu, Vovinam, dan Sepak Takraw dengan jumlah seuruh kontingen sebanyak 185 orang. HM