background

BERITA

Pelajar SMA/SMK se-Bali Ikuti Olimpiade Akuntansi dan Pajak


Image

LEBIH dari 70 pelajar jenjang SMA/SMK se-Bali mengikuti Olpiade Akuntansi dan Pajak yang digagas Fakultas Ekonomi, Bisnis dan Pariwisata, Universitas Hindu Indonesia (Unhi) Denpasar, Sabtu (23/2), di kampus Unhi. Olimpiade ini merupakan salah satu wujud nyata Unhi dalam mempersiapkan sumber daya manusia (SDM) menghadapi revolusi industry 4.0. Demikian dikatakan Wakil Rektor III Unhi Dr. Ir. I Wayan Muka, MT., di sela kegiatan.

Menurut Muka, tantangan SDM ke depan tidak sebatas pintar membaca, menulis dan menghitung. Namun lebih kepada penguasaan teknologi informasi yang berkembang sangat pesat. “Usia-usia SMA ini otaknya sedang tajam-tajamnya. Jadi sangat tepat kita persiapkan sebagai SDM andal ke depan,” ungkap Muka.

Seizin Rektor Prof. Dr. drh. I Made Damriyasa, MS., dirinya mengapresiasi konsistensi Fakultas Ekonomi, Bisnis dan Pariwisata menyelenggarakan olimpiade hingga ke Sembilan kali pelaksanaannya di tahun 2019 ini. Selain itu, materi olimpiade juag semakin diperbanyak.

Lebih lanjut, Muka menyampaikan, pimpinan Unhi menargetkan dua tahun lagi, Unhi masuk 100 besar rangking perguruan tinggi terbaik nasional. Target itu, menurut dia bisa dikejar dengan cara meningkatkan kegiatan atau prestasi mahasiswa. "Sekarang kan masih di (urutan) 300-an, dua tahun yang akan datang ini target kami," jelasnya.

Kegiatan kemahasiswaan, lanjut dia, sangat berpengaruh terhadap perankingan tersebut yakni sebanyak 30 persen. "Kalau juara nasional, juara internasional, langsung berpengaruh terhadap pemeringkatan," terangnya.

Data-data prestasi kemahasiswaan tersebut nantinya akan masuk ke sistem online Belmawa Dikti, baik dalam bidang ilmiah seperti Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas), Pekan Seni Mahasiswa Nasional (Peksiminas), maupun Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (Pomnas).

"Kalau itu bisa, jangankan juara, mewakili saja berarti sudah terbaik di Bali kan. Jadi kalau dia terbaik di Bali di cabang yang dia ikuti maka sudah masuk pemeringkatan," jelasnya, sembari menambahkan upaya dalam menggenjot prestasi dari mahasiswa Unhi tersebut dilakukan melalui tahap seleksi masuk. HM