background

BERITA

Prodi Teknik Sipil FT Unhi Denpasar Jalin MoU dengan ITN Malang


Image

 

MENGAWALI semester genap tahun ajaran 2018/2019, dosen dan mahasiswa Program Studi (Prodi) Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Hindu Indonesia (FT Unhi) Denpasar mengadakan kunjungan kampus dan Iapangan ke Kota Malang, Jawa Timur. Adapun tujuan kunjungan tersebut adalah memperluas cakrawala akademik para dosen dan mahasiswa, serta dapat menambah wawasan dan semangat belajar mahasiswa, khususnya di bidang teknik sipiI. Kunjungan ini diikuti 35 orang, yang terdiri dari 25 orang mahasiswa dan 10 orang dosen Prodi Teknik Sipil FT Unhi Denpasar.

Kegiatan yang diadakan seIama tiga hari, yaitu dari 7-9 Februari ini dirangkai dengan beberapa kegiatan. Di antaranya kunjungan ke kampus Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang, sekaligus penandatanganan MoU antara Unhi Denpasar dan ITN Malang, MoU antar-Prodi Teknik Sipil, kuIiah tamu, tirtayatra ke Pura Dwija Warsa Malang dan Pura Giri Arjuna. Bentuk MOU yang dilakukan, yaitu kerja sama seminar internasional khusus bidang Teknik Sipil pada November 2019 mendatang, Program Permata 2019, kerja praktik antarmahasiswa (bersifat gabungan), salah satu dosen (guru besar Teknik Arsitektur ITN) siap membantu pengajuan Prodi Arsitektur Unhi Denpasar, dan pertukaran dosen dalam kuliah tamu/dosen tamu.

Alasan FT Unhi Denpasar menjalin kerja sama dikarenakan ITN Malang merupakan salah satu kampus yang masuk 10 besar PT swasta terbaik di Indonesia. Konsentrasinya pada pengembangan SDM teknologi dan industri, SDM-nya yang berkualitas, yaitu 80% dosen berkualifikasi doktor (S-3), dan pengelolaan manajemen kampus yang profesional dan mandiri.

Kaprodi S-2 Teknik Sipil FT Unhi Denpasar Ida Bagus Wirahaji, S.T., M.T. mengaku bersyukur karena kerja sama dengan ITN Malang bisa terwujud dan berjalan sesuai dengan harapan. Pihaknya berharap meIaIui kerja sama ini Teknik SipiI Unhi Denpasar dan ITN Malang bisa saling mengisi untuk kemajuan ke depannya. Serta dapat saling meningkatkan konsep Tri Dharma Perguruan Tinggi. "Astungkara kegiatan di Malang berjalan Iancar. Sampai di ITN Malang kami disambut Rektor ITN beserta jajaran, Kaprodi Teknik Sipil dan para mahasiswa Prodi Teknik Sipil. Setelah MoU kami beserta rombongan diantar meninjau Laboratorium Teknik Sipil ITN dan kunjungan Iapangan ke proyek Apartemen Begawan,” ujar Bagus Wirahaji, Minggu (10/2) kemarin.

Rektor ITN Malang Dr. Ir. Lalu Mulyadi, M.T. menyambut baik kedatangan rombongan dosen dan mahasiswa Unhi Denpasar yang telah berkunjung ke kampusnya. Melalui MoU yang dilakukan, ia berharap hubungan baik antara ITN Malang dengan Unhi Denpasar semakin baik ke depan. SeIain itu, pihaknya juga berharap MoU ini tidak berakhir hanya dalam bentuk tanda tangan saja, melainkan diwujudkan dalam bentuk kerja sama-kerja sama yang saling menguntungkan kedua belah pihak di bidang Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Hal senada juga diungkapkan Rektor Unhi Denpasar yang pada kesempatan tersebut diwakili oleh Wakil Rektor III Bidang Kerja Sama dan Kemahasiswaan Dr. Ir. I Wayan Muka, S.T., M.T. Dikatakan, pihaknya sangat bangga dapat menjalin hubungan dalam bentuk MoU dengan ITN Malang. Apalagi, segenap civitas akademika Unhi Denpasar terus berupaya membangun jaringan akademik yang Iebih Iuas. Khususnya dalam bidang teknik, dikatakan ITN MaIang adalah perguruan tinggi yang membidangi teknik yang paling awal di Provinsi Jawa Timur yang berdiri pada tahun 1969, sebelum ITS Surabaya, "Dengan MoU ini, kami yakin ke depan kerja samakerja sama antara Unhi Denpasar dan ITN Malang, khususnya dalam bidang teknik dapat dilakukan secara lebih intensif. Selain itu, kami para dosen dan mahasiswa dapat belajar banyak dari civitas akademika ITN Malang,” pungkasnya.