background

BERITA

UNHI Adakan Penanaman Tanaman Upakara di Penebel


Image

UNIVERSITAS Hindu Indonesia melaksanakan kegiatan GAPURA yakni Gerakan Pengabdian Unhi untuk Masyarakat. Kegiatan GAPURA dilaksanakan pada hari Minggu 29 September 2019 sebagai rangkaian kegiatan menyambut Dies Natalis UNHI Denpasar Ke 56 yang jatuh pada tanggal 3 Oktober 2019.

Ketua Panitia Dies Natalis Unhi ke 56 I Komang Gede Santhyasa menjelaskan bahwa kegiatan GAPURA tersebut sebagai bentuk upaya menghubungkan UNHI Denpasar dengan Masyarakat dalam bentuk Pengabdian. Bentuk kegiatannya ada dua yakni, Kegiatan Gebyar Kesehatan dan Pengobatan Tradisional dan Penanaman Tanaman Upakara yang mengambil tempat di Kecamatan Penebel.

Gebyar Kesehatan dan pengobatan tradisional dilakukan di Kantor Camat Penebel dilakukan oleh Tim Griya Sehat UNHI Denpasar, mendapatkan respon masyarakat sekitar yang luar biasa, pengobatan mengkombinasikan antara kesehatan konvensional dan Terapi Tradisional. Sedangkan kegiatan penanaman tanaman upakara mengambil titik sentral di Pura Luhur Pucak Petali, Desa Jatiluwih, Penebel.

Kegiatan penanaman tanaman upakara dibuka oleh Bapak WR 3 UNHI Denpasar, Dr. I Wayan Muka, ST., M.T. Dalam sambutannya beliau mengatakan kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan UNHI Denpasar ini tiap tahun dilakukan dalam rangkaian Dies Natalis, untuk tahun ini dilakukan Gebyar Kesehatan dan Pengobatan Tradisional dan Penanaman Tanaman Upakara yang juga sebagai bentuk mendukung Visi Pemerintah Provinsi Bali, yakni “Nangun Sat Kerthi Loka Bali” khususnya dalam memuliakan manusia dan alam.

Kegiatan penanaman tanaman Upakara diawali dengan sembahyang bersama di Pura Luhur Pucak Petali kemudia dilanjutkan penanaman tanaman upakara bersama-sama antara Dosen, Pegawai, Mahasiswa KKN UNHI 2019 serta turut serta Ibu Camat Penebel, Pj. Perbekel Desa Jatiluwih, Bendesa Adat Jatiluwih, Bendesa Adat Gunung Sari, serta Babinsa. HM