background

BERITA

UNHI Beri Pendampingan Prodi Pendidikan Agama Hindu di Manado


Image

SEBAGAI universitas berbasis agama dan budaya Hindu Bali, Universitas Hindu Indonesia (Unhi) Denpasar memiliki tanggung jawab dalam mengembangkan dan melestarikan keagamaan Hindu di Indonesia. Komitmen ini terus dilakukan Unhi Denpasar guna menghasilkan lulusan SDM berbasis keagamaan Hindu yang kompeten. Salah satunya, Unhi Denpasar sedang menjalin kerjasama untuk membina program studi (Prodi) Pendidikan Agama Hindu yang dikembangkan Universitas Negeri Manado.

Rektor Unhi Denpasar, Prof. Dr. drh. I Made Damriyasa, MS., mengatakan Universitas Negeri Manado memiliki salah satu Prodi yang mengembangkan pendidikan agama Hindu. Bahkan, pada tahun 2015 lalu semoat menerima mahasiswa 100 orang lebih. Namun, 4 tahun belakangan Prodi ini mulai sepi peminat  dan tidak dibuka lagi. Padahal, status Prodi ini masih aktif di pangkalan data Menristekdikti.

"Atas dasar itu kami Unhi Denpasar melakukan kerjasama dengan Universitas Negeri Manado untuk membina Prodi ini, sehingga dibuka kembali untuk masyarakat Hindu di seluruh Indonesia,"ujar Prof. Damriyasa, Senin (4/11).

Bahkan, dikatakan dirinya bersama Yayasan Pendidikan Widya Kerthi sebagai penyelenggaran pendidikan tinggi Unhi Denpasar telah berkunjung dan melakukan kerjasama dengan Universitas Negeri Manado. Lamgkah pertama yang dilakukan, yaitu melakukan reakreditasi Prodi. Unhi Denpasar akan memberikan SDM yang ada untuk melakukan pendampingan terkait reakreditsi. "Sungguh sayang kalau program studi pendidikan agama Hindu ada di universitas negeri yang mayoritas adalah non Hindu, kalau ini tidak jalan. Setelah melakukan kerjasama dengan rektor dan wakil rektor, saya kumpulkan masyarakat Hindu yang ada di Manado dan kami arahkan agar ada generasi muda Hindu yang melanjutkan pendidikannya di Universitas Negeri Manado mengambil program studi pendidikan agama Hindu,"ungkapnya.

Guru Besar jebolan Jerman ini mengatakan, kendala yang dihadapi Prodi Pendidikan Agama Hindu di Universitas Negeri Manado, yaitu kurangnya kerjasama dengan perguruan tinggi berbasis agama Hindu di Indonesia. Padahal, peminat masyarakat yang ingin menempuh pendidikan agama Hindu di sana sangat antusias. Padahal, Prodi ini telah didukung oleh tenaga pengajar dari Umat Hindu. "Kami Unhi Denpasar tidak hanya fokus pada pengembangan internal Unhi Denpasar saja, tetapi eksternal Unhi Denpasar juga kami lakukan untuk meningkatkan kualitas SDM umat Hindu di Indonesia,"pungkasnya. HM