background

BERITA

UNHI Resmikan Griya Sehat Ayurweda


Image

Warga Kota Denpasar dan masyarakat Bali pada umumnya kini punya alternatif dalam berobat, setelah dibukanya Klinik Griya Sehat UNHI yang memadukan sistem pengobatan Ayurveda dan Usada Bali.

Peresmian dilakukan di Universitas Hindu Indonesia (UNHI) Jumat (30/11) pagi, dihadiri Menteri Ayurveda, Yoga, and Homoepathy (AYUSH) India, HE Shri Shripad Y, Rektor UNHI Prof Dr drh I Made Damriyasa dan para akademisi UNHI.

Damriyasa menyebut, klinik ini adalah pelayanan kesehatan tradisional yang mengkombinasikan Ayurveda dan Usada Bali, ada beberapa jenis pengobatan yang akan dilaksanakan.

“Kami hari ini me-launching klinik ini dan menyampaikan informasi secara resmi ke publik, bahwa di Bali ada Griya Sehat yang ada di UNHI,” ujarnya,

Lebih lanjut dijelaskan, UNHI juga memiliki program studi sarjana yang satu-satunya ada di Indonesia tentang kesehatan tradisional yang mana sistem pengobatan yang dipelajari tak sistem pengobatan yang diadopsi dari India tapi juga pengobatan tradisional Bali

Tambahnya, fasilitas klinik ini sepenuhnya didukung oleh ICCS India dan kurikulum yang ada merupakan kombinasi Ayurveda dan Usada Bali.

“Klinik ini mempunyai dua fungsi, selain sebagai Griya Sehat juga tempat pendidikan dikaitkan dengan program studi kesehatan tradisional yang dimiliki UNHI yakni program studi Ayurveda tentu untuk tempat belajar mereka perlu disiapkan media pembelajaran. Saya kira satu-satunya program studi kesehatan tradisional di Indonesia yang dilengkapi dengan fasilitas hampir sama dengan rumah sakit pendidikan adalah di UNHI,” katanya.

Sebagai catatan, pengobatan di klinik Griya Sehat bersifat tradisional yang berbeda dengan rumah sakit modern dengan obat medis.

“Jadi lebih banyak ke penyakit psikis. Intinya, kami ingin menghidupkan sistem pengobatan tradisional yang lebih banyak menggunakan obat yang berasal dari tumbuhan dan tak ada efek sampingnya,” pungkasnya. HM