background

BERITA

Unhi Denpasar Gelar Jalan Santai dan Donor Darah


Image

DALAM rangka menyambut Dies Natalis ke-56 yang akan dirayakan pada 3 Oktober 2019 mendatang, Universitas Hindu Indonesia (Unhi) Denpasar menggelar kegiatan jalan santai yang melibatkan seluruh civitas akademika Unhi Denpasar, Jumat (27/9). Para peserta jalan santai dilepas langsung oleh Rektor Unhi Denpasar, Prof. Dr. drh. I Made Damriyasa, MS.

 

Selain jalan santai, berbagai jenis kegiatan dan perlombaan juga dilakukan. Diantaranya, tarik tambang, lari karung, tenis meja, tenis lapangan, futsal Rektor Cup dan aksi sosial berupa donor darah.

 

Rektor Unhi Denpasar, Prof. Damriyasa, mengatakan kegiatan Dies Natalis ke-56 ini mengusung tema pelestarian budaya Bali melalui perlindungan kekayaan intelektual. Tema ini sejalan dengan visi Unhi Denpasar sebagai kampus umat Hindu berbasis agama dan kebudayaan. Apalagi, budaya yang dimiliki Bali tidak terlepas dari karya-karya intelektual para leluhur yang perlu dilindungi dan dilestarikan.

 

Oleh karena itu, pada puncak Dies Natalis ke-56 nanti, pihaknya akan mengundang dan memberikan penghargaan kepada tokoh-tokoh yang berkaitan dengan tema Dies Natalis. Bahkan, Dirjen Kebudayaan RI juga diundang untuk memberikan orasi ilmiah tentang pelestarian budaya.

"Artinya, visi dan misi Universitas Hindu Indonesia adalah bagaimana melestarikan ilmu pengetahuan tradisional Bali yang kita miliki, yang ke depannya bagaimana kita memanfaatkan teknologi informasi dalam menghadapi era revolusi industri 4.0. Bahkan, kami di Unhi memanfaatkan revolusi industri 4.0 ini untuk melestarikan tradisi, budaya dan pengetahuan tradisional Bali,"ujar Prof. Damriyasa.

 

Sementara itu, tujuan dari kegiatan jalan santai dan berbagai perlombaan lainnya adalah untuk menumbuhkan solidaritas, rasa bhakti dan hormat seluruh civitas akademika Unhi Denpasar kepada institusi yang pola ilmiah pokoknya adalah agama dan kebudayaan. Dengan dilaksanakannya berbagai jenis kegiatan dalam rangkaian Dies Natalis ini, masyarakat bisa melihat dan merasakan perkembangan Unhi Denpasar. Sehingga masyarakat umum bisa lebih mencintai dan memilih Unhi sebagai tempat menempuh pendidikan tinggi. Sebab, dari segi kualitas dan kuantitas, serta akademik, Unhi Denpasar telah melaksanakan standar-standar nasional.

 

Selain kegiatan jalan santai, berbagai kegiatan ilmiah juga dilakukan. Seperti, bedah buku, seminar, dan akan dilaksanakan pengabdian kepada masyarakat berupa pelayanan pengobatan tradisional gratis di Desa Penebel, Tabanan. HM