background

BERITA

Unhi Denpasar Jalin MoU dengan Universitas Nusa Putra dan STP Bali


Image
SEBAGAI upaya memperkuat jaringan institusi untuk memgembangkan konsep Tri Dharma Perguruan Tinggi, Universitas Hindu Indonesia (Unhi) Denpasar kembali menambah relasi melalui kerjasama dengan dua Perguruan Tinggi Dalam Negeri. Kedua Perguruan Tinggi tersebut adalah Universitas Nusa Putra (UNP) Sukabumi dan Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Bali. Kerjasama tersebut ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) antara pimpinan masing-masing lembaga di Gedung Rektorat Kampus Unhi Denpasar, Jumat (25/1) kemarin.
Rektor Unhi Denpasar yang diwakili Wakil Rektor III, Dr. Ir. I Wayan Muka, ST.,MT., mengatakan bentuk kerjasama yang dilakukan yaitu dalam hal pengabdian kepada masyarakat dan penelitian, serta pertukaran mahasiswa. Dikatakan, bahwa kedua perguruan tinggi tersebut memiliki program keunggulan masing-masing. Sehingga, perlu dikolaborasikan dengan program keunggulan yang dimiliki Unhi Denpasar.
Seperti halnya STP Bali yang mengembangkan program kepariwisataan yang berbasis budaya dan tradisi. Sehingga, Unhi Denpasar yang berbasis agama dan kebudayaan mempunyai peluang untuk masuk ke STP Bali dalam hal memperkuat budaya yang ada di STP Bali. Sembari belajar tentang pariwisata yang dikembangkan di STP Bali. Dengan harapan antara pariwisata dan budaya saling menguatkan untuk kepentingan bersama. "Banyak hal yang bisa dikerjasamakan. Unhi punya program unggulan Ayur Weda, Griya Sehat, didalamnya berkolaborasi dengan STP melalui ilmu gizi, sehingga pelatihan mahasiswa STP ke UNHI atau sebaliknya bisa kita kerjasamakan untuk kepnyngan bersama-sama,"tandas Dr. Wayan Muka.
Begitu juga kerjasama dengan UNP Sukabumi. Dikatakan, UNP Sukabumi memiliki program unggulan dibidang teknik informatika yang harus dimanfaatkan untuk melatih para mahasiswa fakultas teknik Unhi Denpasar untuk belejar lebih mendalam tentang teknik informatika. Apalagi, saat ini Unhi Denpasar telah mengusulkan untuk membuka prodi Teknik Informatika. Begitu juga sebaliknya, 3 orang mahasiswa UNP telah belajar selama 1 semester di FT Unhi Denpasar. Bahkan, dalam waktu dekat kerjasama dengan UNP akan direalisasikan dengan kegiatan seminar nasional dan intenasional di Bali.
Ketua STP Bali, Drs. Dewa Gede Ngurah Byomantara, M.Ed., menjelaskan, UNHI sebagai perguruan tinggi yang eksis dengan pengembangan budaya Bali sangat strategis menjalin kerjasama dalam bidang perhotelan, secara umum pada sektor pariwisata. Sehingga, antara pariwisata dan budaya saling menguatkan. Apalagi, Bali mempunyai makanan khas yang kaya akan filosofi. 
Dengan kolaborasi ini diharapkan dapat meningkatkan daya tarik wisatawan untuk mengetahui sisi lain makanan Bali, termasuk pelayanan tata hidang khas Bali. "Kebetulan kami lebih fokus pada bidang perhotelan yang di dalamnya terdapat studi kuliner. Apalagi kami sedang kembangkan program tata hidang. Kami harap Unhi bisa berkontribusi. Kami akan angkat makanan khas Balu dan Unhi angkat filosofi makanan tersebut,"tandas Byomantara.
 
Sementara itu, Rektor UNP, Dr. Kurniawan, ST.,M.Si., MM., berharap kerjasama dengan Unhi dapat dimaksimalkan pertukaran delegasi, baik pertukaran mahasiswa maupun dosen. Sebab, pihaknya merencanakan untuk menggelar seminar skala nasional pada bulan Agustus di Bali. Bahkan, pihaknya berharap tidak hanya kerjasama, tetapi antara Unhi dengan UNP bisa enyatau dalam gerakan untuk menjalankan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Dipenghujung pertemuan tersebut, pihak Unhi Denpasar menyerahkan kembali 3 orang mahasiswa UNP yang diterima langsung oleh rektor UNP. HM