background

BERITA

Unhi Kembangkan Manajemen Data Digital Terintegrasi


Image

UNIVERSITAS Hindu Indonesia (Unhi) Denpasar yang merupakan Lembaga Pendidikan Tinggi Agama Hindu yang pertama didirikan di bumi Nusantara menggelar Upacara Wisuda Sarjana (S1) ke-56 dan Program Doktor (S3) ke-15 di Inna Grand Bali Beach Hotel, Sanur, Rabu (30/10) kemarin. Kali ini, sebanyak 214 orang wisudawan dilepas langsung oleh Rektor Unhi Denpasar, Prof. Dr. drh. I Made Damriyasa, MS. Jumlah tersebut terdiri dari 206 orang Sarjana dan 8 orang Doktor.

 

Wisudawan lulusan terbaik untuk program sarjana diraih oleh Ni Kadek Manis Wiantari, S.Kes. dengan IPK =3.88 (Cumlaude) dari Prodi Ayurweda Fakultas Kesehatan. Sementara itu, wisudawan terbaik untuk program Doktor diraih oleh Dr. dr. I Wayan Artana, SH.,M.Biomed. dengan IPK=3.86 (Cumlaude) dari Program Doktor Ilmu Agama dan Kebudayaan. Hingga saat ini, Unhi Denpasar memiliki mahasiswa aktif sebanyak 4.004 orang, yang terdiri dari 3.366 orang S1, 493 orang S2 (Magister), dan sebanyak 145 orang S3.

 

Rektor Unhi Denpasar, Prof. Damriyasa mengatakan dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan guna menghasilkan lulusan terbaik, Unhi Denpasar terus menyempurnakan dan meningkatkan mutu tata kelola universitas. Menurutnya, tata kelola universitas yang baik (good university govermance) menjadi suatu keniscayaan bagi Unhi Denpasar untuk mampu bersaing di tingkat nasional, regional maupun global dan dalam upaya mencapai visi universitas. Sebab, perubahan universitas dunia sangat pesat, arus globalisasi serta era revolusi industri 4.0 yang dikenal dengan fenomena disruptive innovation menuntut perguruan tinggi untuk berubah.

 

Oleh karena itu, universitas dituntut untuk melakukan perubahan program dan layanan yang lebih banyak menggunakan teknologi digital (online). "Menghadapi hal tersebut, kami Unhi Denpasar sedang mengembangkan manajemen data digital yang terintegrasi dalam layanan akademik maupun tata kelola universitas,"ujar Prof. Damriyasa, Rabu (30/10) kemarin.

 

Selain memperkuat tata kelola, Unhi Denpasar juga secara aktif menjalin kerjasama dengan berbagai pihak ditingkat nasional maupun internasional. Semua hal ini dilakukan sesuai dengan komitmen Unhi Denpasar untuk membantu mewujudkan harapan pemerintah untuk meningkatkan mutu sumber daya manusia (SDM) melalui pemenuhan kebutuhan layanan pendidikan tinggi yang terjangkau oleh masyarakat. Apalagi, saat ini Unhi Denpasar telah memiliki Prodi Ilmu Hukum Adat dan Prodi Sistem Informasi yang sesuai kebutuhan masyarakat. Bahkan, Unhi Denpasar tengah mengusulkan membuka Prodi Magister Managemen dan Pengetahuan Warisan Budaya Bali.

 

Ke depan, Unhi Denpasar akan merancang program pendidikan sarjana dan pascasarjana bagi para pengelola pemerintah daerah provinsi, kabupaten/kota termasuk pemerintahan desa dalam kerangka program open extended campuss, serta menerapkan pembelajaran daring. Pihaknya berharap agar para alumni ikut berperan positif dalam kehidupan di masyarakat.

 

Upacara Wisuda dihadiri oleh Dirjen Bimas Hindu Kemenag RI, Prof. Drs. Ketut Widnya, MA.,M.Phil.,Ph.D., Ketua Harian Umum PHDI Pusat, Wisnu Bawa Tenaya, Kepala LLDIKTI Wilayah VIII Bali-Nusra Prof. Dasi Astawa, Ketua Yayasan Pendidikan Widya Kerthi, Prof. Dr. Phil. I Ketut Ardhana, MA., beserta Sekretaris, Pimpinan PTN dan PTS se-Bali, Penglingsir Puri Kesiman Denpasar, dan stakeholder terkait. HM