background

BERITA

LPPM UNHI Gelar Forum Kelitbangan dan Pengabdian Masyarakat


Image

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Hindu Indonesia Denpasar menggelar kegiatan “Forum Kelitbangan dan Pengabdian Masyarakat Tahun 2022 Selasa 8 Maret. Acara yang digelar secara daring tersebut menghadirkan tiga narasumber yaitu: Prof. Dr. drh. I Made Damriyasa, MS (Rektor Universitas Hindu Indonesia), Dr. Made Novia Indriani, ST, MT (Kepala LPPM Unhi Denpasar), dan Ir. Made Gunaja, M.Si (Kepala Badan Riset dan Inovasi Daerah Provinsi Bali) serta diikuti oleh para Kepala Perangkat Daerah di bidang perencanaan pembangunan daerah dan litbang Se-Bali, dan juga para pejabat di lingkungan Unhi Denpasar.

Kegiatan Forum Kelitbangan dan Pengabdian Masyarakat ini dimaksudkan sebagai media informasi dan komunikasi lintas sektor guna menyukseskan agenda riset tahunan Unhi yang sejalan dengan kebutuhan kebijakan pemerintah dan industri secara luas. Dalam sambutan dan paparannya, Prof. Damriyasa mengapresiasi acara kegiatan yang digagas oleh LPPM Unhi dengan menggandeng Badan Riset dan Inovasi Daerah Provinsi Bali, Kerthi Bali Research Centre, Unhi Press dan Inkubator Bisnis Unhi sembari berharap agenda Forum ini dapat rutin digelar setiap tahunnya di awal tahun dengan lebih banyak lagi mengundang keterlibatan kalangan korporasi dan swasta sehingga agenda riset dan luaran riset yang dihasilkan mampu terserap lebih banyak untuk kebutuhan industri. Kepada seluruh peserta forum, Rektor Unhi juga menguraikan tentang peringkat kualitas riset beberapa negara termasuk harapan dan peluang strategis Unhi yang berfokus pada tema dan keunikan riset di bidang kebudayaan, kearifan lokal dan keagamaan.

Narasumber kedua, Dr. Novia mewakili LPPM Unhi menjelaskan tentang tujuan dari pihaknya menggelar acara Forum Kelitbangan dan Pengabdian Masyarakat Tahun ini tidak lain sebagai wahana bersosialisasi Rencangan Induk Penelitian dan Rencana Induk Pengabdian Unhi Tahun 2022-2026 yang telah selesai disusun termasuk didalamnya mensinergikan prioritas program/kegiatan penelitian  dan pengabdian masyarakat Unhi dengan agenda strategis Pembangunan Bali. Dengan mengusung nafas agama dan kebudayaan sebagai pilar dasar peta jalan riset Unhi, Kepala LPPM Unhi menjelaskan beberapa rumusan tema unggulan riset yang dimiliki Unhi serta mewakili potensi beberapa dosen peneliti yang dimiliki diantaranya: Filsafat Agama & Kearifan Lokal, Hukum Adat Bali & Hukum Agama Hindu, Kesehatan Tradisional Berbasis Kearifan Lokal, Infrastruktur Sipil Berbasis Budaya & Kearifan Lokal, Perencanaan Pembangunan Wilayah dan Kota Berorientasi Budaya Lokal, Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam & Sistem Informasi, Manajemen Hindu berbasis Kearifan Lokal, Akuntansi Hindu dan Akuntansi Lingkungan Berbasis Kearifan Lokal, Manajemen Kesehatan Pariwisata, serta Pendidikan Agama & Seni Budaya. Di akhir paparan, tak lupa dirinya sebagai Kepala LPPM Unhi yang baru semenjak 9 Februari 2022 menitipkan diri kepada seluruh peserta yang hadir untuk bersama-sama menyukseskan agenda riset dan pengabdian yang telah disusun.

Sebagai narasumber undangan, Ir. Made Gunaja, M.Si selaku Kepala Badan Riset dan Inovasi Daerah (BARI) Provinsi Bali menguraikan tentang Visi Besar Pembangunan Semesta Berencana Provinsi Bali yang berorientasi pada falsafah Sad Kerthi menuju Bali Era Baru dengan mengedepankan alam, kebudayaan, dan krama Bali sebagai motor penggerak pembangunan. Terdapat lima bidang prioritas pembangunan daerah Bali yang telah ditetapkan diantaranya Pangan Sandang Papan, Kesehatan & Pendidikan, Jaminan Sosial & Ketenagakerjaan, Adat Agama Tradisi Seni & Budaya, serta Pariwisata. Secara kelembagaan, BARI Provinsi Bali berupaya untuk mendukung pembangunan daerah bebrbasis riset dan inovasi, serta mewujudkan BARI sebagai sumber informasi hasil riset dan inovasi yang dapat diimplementasikan oleh dunia usaha dan industri serta masyarakat luas. Pihaknya juga membuka diri sekaligus berharap kedepan dapat terjalin kolaborasi dengan LPPM dan para dosen peneliti di Unhi termasuk menjembatani segala informasi dan kegiatan riset di BRIN, BARI dan perguruan tinggi.

Acara ditutup dengan sesi diskusi, sumbang pandang dan masukan dari beberapa perwakilan perangkat daerah, para dosen dan pejabat di lingkungan Unhi Denpasar. HM