background

BERITA

Unhi Denpasar Jalin Kerjasama Dengan BKOW Bali


Image

UNIVERSITAS Hindu Indonesia (Unhi) Denpasar menjadi tuan rumah perayaan HUT ke-58 Badan Kerjasama Organisasi Wanita (BKOW) Provinsi Bali, Rabu (21/4). Bertempat di Auditorium Unhi Denpasar, pada kesempatan Ketua Umum BKOW Bali, Ny. Tjokorda Putri Hariyani Ardhana Sukawati (Ny. Cok Ace) menandatangani kerjasama dengan Rektor Unhi Denpasar, Prof. Dr. drh. I Made Damriyasa, M.S., yang dihadiri langsung Wakil Gubernur Bali, Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati (Cok Ace) dan Ketua Pengurus Yayasan Pendidikan Widya Kerthi selaku penyelenggara pendidikan tinggi Unhi Denpasar, Prof. Dr. phil. I Ketut Ardhana, M.A.

Rektor Unhi Denpasar, Prof. Damriyasa mengucapkan terima kasih kepada BKOW Provinsi Bali yang telah menyelenggarakan perayaan HUT ke-58 yang bertepatan dengan Hari Kartini di Unhi Denpasar. Dikatakan, Unhi Denpasar sangat terbuka bekerjasama dengan lembaga manapun. Terlebih BKOW Provinsi Bali merupakan organisasi wanita lintas instansi, lintas profesi, lintas kalangan, dan merupakan mitra strategis dalam pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Sehingga, melalui kerjasama ini Unhi Denpasar semakin dikenal oleh berbagai kalangan sebagai lembaga pendidikan tinggi yang berbasis agama Hindu.

"Banyak program dan kegiatan bisa dilakukan melalui kerjasama ini, terlebih dalam melaksanakan program kampus merdeka. Melalui kerjasama ini, BKOW Provinsi Bali ikut memperkenalkan Unhi dan memfadilitasi lulusan Unhi dalam dunia kerja. Apalagi kemajuan perguruan tinggi juga ditentukan sejauh mana luas jejaring kerjasama dan keragaman kerjasama yang dilakukan,"tandas Guru Besar jebolan Jerman ini.

Ketua Umum BKOW Provinsi Bali, Ny. Tjokorda Putri Hariyani Ardhana Sukawati mengajak para perempuan mengingat kembali spirit emansipasi RA. Kartini. Dikatakan, sosok perempuan memiliki peran yang sangat penting dalam pembangunan khususnya di tengah situasi pandemi Covid-19 saat ini. Kebiasaan baru di tengah pandemi, seperti penerapan protokol kesehatan (prokes) dan belajar dari rumah membutuhkan peran aktif perempuan sebagai sosok ibu. Oleh karena itu, seluruh civitas akademika Unhi Denpasar agar ikut berpartisipasi dan berkontribusi dalam penanganan dampak Covid-19. Terutama dalam hal memberikan pengetahuan dan kecerdasan bagi SDM Bali.

Wakil Gubernur Bali, Cok Ace memuji semangat yang ditunjukkan kaum perempuan di tengah pandemi Covid-19 yang hingga kini belum menunjukkan tanda-tanda akan segera berakhir. Ia mengamati, selama masa pandemi sosok perempuan dengan kreativitasnya sangat membantu dalam pemenuhan kebutuhan keluarga. Pada kesempatan ini, Cok Ace mendorong sinergitas organisasi perempuan yang tergabung dalam wadah BKOW. "Saya amati, kaum ibu yang menunjukkan semangat luar biasa di tengah pandemi. Mereka kreatif mencari peluang untuk membantu suami dalam memenuhi kebutuhan keluarga. Ini menunjukkan bahwa kaum perempuan di tengah pandemi telah menunjukkan semangat emansipasinya,"pungkasnya. HM