background

Kesehatan Ayurweda

Profil

logo-fakultas

Tuntutan pembangunan yang semakin meningkat membutuhkan sumber daya manusia yang andal dan mampu berkiprah dalam kompetisi global. Apalagi dengan dikeluarkannya Undang-Undang Nomor 22 Tahun 1999 tentang Otonomi Daerah, maka keperluan akan tenaga ahli sesuai keadaan dan potensi daerahnya, antara lain di bidang kesehatan sangat diperlukan. Universitas Hindu Indonesia merasa berkewajiban untuk ikut berpartisipasi secara aktif dalam bidang pembangunan daerahnya, khususnya kesehatan, dengan cara membuka Program Studi Kesehatan Ayurweda.  Program Studi Kesehatan Ayurweda  adalah suatu pengetahuan dan praktek tentang kesehatan yang sepenuhnya berdasarkan pengalaman praktis dan pengamatan yang diteruskan secara tradisional turun-temurun, dipergunakan untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat baik secara preventif, kuratif, promotif, maupun rehabilitatif, serta kosmetika.

Secara konkrit, Fakultas Kesehatan yang diselenggarakan oleh Universitas Hindu Indonesia bertujuan untuk menjawab tuntutan pembangunan khususnya di bidang kesehatan, yang meliputi:

  1. Kebutuhan akan tenaga profesional yang memiliki kemampuan analisis dalam bidang keilmuan, serta peka terhadap masalah pembangunan, khususnya di bidang kesehatan.
  2. Kebutuhan akan peningkatan kualitas tenaga yang bergerak di bidang kesehatan baik modern maupun tradisional, terutama dalam bidang penelitian.
  3. Pengadaan tenaga ahli yang berkemampuan untuk meneliti khasiat dan manfaat berbagai tanaman obat tradisional untuk kepentingan preventif, kuratif, promotif, dan rehabilitatif, serta kosmetika.
  4. Pengadaan tenaga ahli yang berpotensi untuk melestarikan dan membudidayakan tanaman obat dan kosmetika tradisional yang merupakan warisan luhur dari bangsa Indonesia.

Berdasarkan Surat Keputusan Menteri Agama Republik Indonesia No. 56 tahun 2008, Tertanggal 2 Juni 2008, persetujuan pembukaan Program Strata satu (S1) Kesehatan Ayurweda.  Menindak lanjuti keputusan tersebut Rektor Universitas Hindu Indonesia Denpasar menerbitkan surat keputusan dengan No. : 404/SKP/UNHI/X/2008 Tentang pejabat pada Fakultas Kesehatan Universitas Hindu Indonesia Denpasar, tertanggal 13 Oktober 2008. Fakultas Kesehatan  Ayurweda mengemban amanat dari umat Hindu (melalui Parisada) supaya Hindu memiliki tenaga profesional tentang Kesehatan Hindu (Ayurweda).