background

Sambutan Rektor

Sambutan Rektor

Om Swastyastu

    Sebelum memulai sambutan ini, ijinkan saya mengucapkan puja pengastuti kehadapan Ida Sang Hyang Widhi Wasa, Tuhan yang Maha Esa, karena atas Asung Kertha Wara Nugraha-nya, Universitas Hindu Indonesia bisa menginovasi diri melalui terobosan-terobosan kreatif yang tentunya sangat bermanfaat bagi kemajuan Universitas Hindu Indonesia yang kita cintai dan banggakan ini.

    Sejak menjadi Rektor Universitas Hindu Indonesia (UNHI), banyak potensi yang saya lihat di UNHI, baik itu potensi Sumber Daya Manusia (SDM) maupun potensi sumber ilmu pengetahuan yang berhubungan dengan agama dan kebudayaan. Selain itu, UNHI juga memiliki keunikan yang tidak dimiliki kampus lain. Potensi dan keunikan ini perlu dikelola dengan baik, melalui tata kelola akademik dan sumber daya manusia yang berkualitas dan profesional. Hal ini sangat penting dilakukan untuk mewujudkan visi besar UNHI yakni Menjadi Universitas Unggulan di Indonesia.

   Dalam rangka ingin mewujudkan visi besar UNHI tersebut, inovasi terus dilakukan, salah satunya adalah  mengaplikasikan sistem informasi universitas terintegrasi yang dinamakan Sruti UNHI. Ini sebagai salah satu upaya merespon pesatnya kemajuan teknologi informasi di era milenial.

   Aplikasi Sruti merupakan komitmen UNHI menjadi perguruan tinggi modern. Untuk mencapai tujuan tersebut, harus dimulai dari tata kelola akademik, sumberdaya manusia, maupun administrasi berbasis teknologi informasi. Sistem Sruti akan sangat membantu pengelolaan kampus. Ke depan perkuliahan secara tatap muka tidak akan menjadi prioritas seiring perkembangan teknologi. Efisiensi menjadi kata kunci dalam pengelolaan lembaga.

   Kami komit menjadi universitas modern. UNHI termasuk leading dalam penerapan aplikasi mobile terintegrasi, belum banyak kampus yang memilikinya, UNHI satu satunya di Bali. Perguruan tinggi pada prinsipnya adalah gudang informasi dan teknologi. Sehingga penerapan teknologi menjadi keharusan untuk bisa bersaing di tataran nasional dan internasional.

   Sruti UNHI menawarkan kekuatan integrasi, fleksibilitas, dan kemudahan. Sruti UNHI membawa misi memperkuat tata kelola universitas, pendukung utama dalam transparansi dan akuntabilitas dalam pengelolaan universitas. Sruti UNHI memperkokoh pondasi universitas untuk mewujudkan pelayanan yang profesional, bermartabat, cepat, optimal dan modern.

   Adapun beberapa sistem dan aplikasi dalam Sruti UNHI yakni Samaweda (Sistem Informasi Manajemen Website Unhi), Smrti (Sistem Manajemen Registrasi Terintegrasi), Asta Manik (Aplikasi Terintegrasi Manajemen Akademik), Asta Bayu (Aplikasi Terintegrasi Bayar Uang Kuliah), Asta Kali (Aplikasi Terintegrasi Perpustakaan Online), Aswin (Aplikasi Wisuda Online), dan Sakti (Sinkronisasi data PDDIKTI). Selain itu, UNHI juga memiliki Open Journal System sebagai media akademik tempat para dosen mempublikasi hasil riset dan pengabdian masyarakat. Hal ini sesuai dengan aktivitas Tri Dharma Perguruan Tinggi.

   Perlu juga diketahui, UNHI memiliki enam Fakultas dengan kekhasan masing-masing yakni Fakultas Ilmu Agama dan Kebudayaan, Fakultas Teknik, Fakultas Pendidikan Agama dan Seni, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA), Fakultas Kesehatan, dan Fakultas Ekonomi. UNHI juga memiliki program Magister dan Doktor khusus untuk bidang Pendidikan Agama Hindu dan Ilmu Agama dan Kebudayaan. Satu lagi, UNHI memiliki Prodi Kesehatan Ayur Veda. Prodi ini satu-satunya di Indonesia bahkan di Asia Tenggara. Kami juga memiliki fasilitas rumah Sakit Ayur Veda yang akan digunakan sebagai Pusat Pelayanan Kesehatan Tradisional.

   Selama ini UNHI juga berupaya membangun networking dengan perguruan tinggi unggulan baik di dalam maupun luar negeri. Unhi sudah bekerjasama dengan Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Gadjah Mada (UGM), kerjasama program double degree dengan Upper Iowa University. Khusus di bidang kesehatan Ayurweda Unhi juga sudah bekerjasama dengan Internasional Center for Culture Studies. Tidak hanya itu, UNHI bekerjasama dengan Ayodya Research Institute perihal Tri Dharma Perguruan Tinggi dan membuat  research jejak-jejak  Ramayana di Bali dan di Indonesia.

   Ke depan UNHI akan terus berupaya membangun kerjasama sesuai dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi baik di tingkat nasional maupun internasional. Kerjasama di bidang pendidikan sangat penting dilakukan untuk mendukung Unhi menjadi Universitas unggulan di Indonesia dan menjadi kampus pilihan utama generasi muda, khususnya generasi muda Hindu di Indonesia.

Om Santih, Santih, Santih Om